Yunianto Tri Atmojo

Let\’s change for the better future!

Tips sukses dalam wawancara kerja

Meski anda merasa pintar dan brilian, jangan keburu yakin bahwa semua pintu perusahaan akan terbuka secara otomatis untuk anda. Sebab kenyataannya, para tuan dan nyonya pintar ini seringkali gagal dalam wawancara. Alasannya ? tidak smart dan taktis dalam menjawab pertanyaan.

1. Ceritakan tentang diri anda

Erina Collins, seorang agen rekruitmen di Los Angeles menyatakan seringkali ada perbedaan yang mengejutkan antara ketika kita membaca lamaran seseorang dengan saat berhadapan dengan si pelamar. “Pengalaman menunjukkan, surat lamaran yang optimis tidak selalu menunjukkan bahwa pelamarnya juga sama optimisnya,” kata Erina. Ketika pewawancara menanyakan hal yang sederhana seperti “Di mata anda, siapa anda?” atau “Ceritakan sesuatu tentang anda”, banyak pelamar menatap pewawancaranya dengan bingung dan lalu seketika menjadi tak percaya diri.

“Saya merasa biasa-biasa saja” atau “tak banyak yang bisa saya ceritakan tentang diri saya” seringkali menjadi jawaban yang dipilih pelamar sebagai upaya merendahkan diri. Selama ini banyak artikel karir konvensional yang menyarankan agar anda sebaiknya merendahkan diri sebisa mungkin, sebagai upaya mencuri hati si pewawancara. “Tapi ini jaman modern. Jawaban yang terlalu merendah dan banyak basi-basi hanya menunjukkan bahwa anda sebenarnya tidak yakin dengan diri anda. Dan perusahaan masa kini tidak butuh karyawan seperti itu,” tegas Erina.

Pengalaman Eliana Burthon, staf humas sebuah hotel berbintang di New York mungkin menarik untuk disimak. Ketika pewawancara memberinya satu menit untuk bercerita tentang dirinya, Eliana mengatakan “Saya Eliana Burthon, anak pertama dari lima bersaudara. Sejak SMA, saya aktif di koran sekolah. Disitu saya menulis, mewawancarai orang-orang di sekitar saya dan berhubungan dengan mereka. Dari situ saya sadar alangkah menariknya bisa bertemu dengan orang banyak, berdiskusi dan mengetahui banyak hal dari mereka. Diluar itu, saya senang musik, membaca dan traveling.Ketika kuliah, saya sering menulis pengalaman jalan-jalan saya, atau sekedar memberi referensi kaset yang sedang laris untuk koran kampus saya.”
Meski tak memberikan jawaban yang berbunga-bunga, apa yang diungkapkan Eliana tentang dirinya menunjukkan bahwa dirinya terbuka, ramah dan punya rasa ingin tahu. “Jawaban itu cerdas dan efektif untuk menggambarkan bagaimana dia menyatakan secara implisit bahwa dirinya merasa layak ditempatkan di posisi yang diincarnya. Pewawancara butuh jawaban seperti itu. Cukup singkat, tapi menunjukkan optimisme yang alamiah,” kata Erina Collins.
Kalau anda dipanggil untuk wawancara, sebisanya persiapkan diri dengan baik. Rasa percaya diri dan menunjukkan bahwa anda menjadi diri sendiri adalah yang terpenting. Pewawancara tidak butuh jawaban yang berbunga-bunga, berapi-api apalagi munafik. Pada kesempatan pertama, mereka biasanya ingin melihat bagaimana si pelamar menghargai diri sendiri. Sebab itu, buatlah beberapa poin tentang kemahiran anda, hal-hal yang anda sukai dan inginkan untuk masa depan anda. Kalau telah menemukan poin-poin itu, berlatihlah mengemukakan semua itu dalam sebuah jawaban singkat yang cerdas dan optimis.

2. Hati-hati pertanyaan jebakan

Siapapun idealnya tak suka menjawab pertanyaan-pertanyaan yang memojokkan. Tapi begitulah kenyataannya ketika anda diwawancara. Seringkali banyak hal tak terduga yang dilontarkan si pewawancara dan membuat anda seringkali kelepasan bicara. Dalam hal ini, Erina memberi contoh pengalamannya ketika mewawancarai seorang pelamar tentang mengapa ia memutuskan pindah kerja.

“Ketika itu saya tanya ‘apa yang membuat anda memutuskan pindah kerja? tadi anda bilang, lingkungan kerjanya cukup nyaman kan?’ dan pelamar itu menjawab ‘saya tidak suka bos saya. Seringkali ia membuat saya jengkel dengan pekerjaan-pekerjaan tambahan dan itupun tidak membuat gaji saya naik.’ Saya lalu berpikir, apa yang akan dia katakan jika suatu saat keluar dari perusahaan saya tentulah tak beda buruknya dengan apa yang dia ungkapkan pada saya tentang perusahaan lamanya,” ungkap Erina.
Poinnya, taktislah dalam memberi jawaban. Jangan pernah memberi jawaban yang menjelekkan tempat kerja anda yang lama atau apapun yang konotasinya negatif. Lebih baik kalau anda menjawab “saya menginginkan ritme kerja yang teratur dan terjadwal. Mengenai gaji, sebenarnya di tempat kerja yang lama tak ada masalah, tapi tentu saya senang kalau ada peluang untuk peningkatan gaji.” Atau kalau anda ditanya tentang kelemahan anda, lebih baik tidak menjawab “saya sering telat dan lupa waktu.” Tetapi jawablah lebih taktis, misalnya “kadang saya memang pelupa, tetapi beberapa waktu ini sudah membaik karena saya selalu mencatat segalanya di buku agenda.” atau “saya sering kesal kalau kerja dengan rekan yang lamban, tetapi sebisanya kami berdiskusi bagaimana caranya menyelesaikan kerja dengan lebih cepat.”

Dalam wawancara, si pewawancara selalu berupaya mengorek sedapat mungkin tentang kepribadian pelamar. Kadang pertanyaan sepele seperti “Sudah punya pacar? Ada niat menikah dalam waktu dekat?” sering ditanggapi buru-buru oleh si pelamar dengan menjawab misalnya “Sudah, rencananya kami akan menikah akhir tahun ini.” Padahal, menurut Erina, jawaban itu bisa jadi penutup peluang kerja anda. “Perusahaan selalu ingin diyakinkan bahwa calon karyawannya hanya akan fokus pada pekerjaan mereka, terutama pada awal masa kerja. Jawaban bahwa anda akan menikah dalam waktu dekat justru menunjukkan bahwa perusahaan bukanlah fokus anda yang sebenarnya, tetapi hanya seperti selingan,” ujar Erina sambil menambahkan bahwa akan lebih baik kalau anda menjawab “sudah, tapi sebenarnya saya ingin mempunyai pengalaman kerja yang cukup sebelum memutuskan untuk menikah.”

3. Semangat dan bahasa tubuh

Dalam wawancara kerja, penampilan memang bukan nomor satu tetapi menjadi pendukung yang ikut menentukan. Karena itu selain berpakaian rapi, tidak seronok, mencolok atau banyak pernik, tunjukkan bahasa tubuh yang baik. Jangan pernah melipat tangan di dada pada saat wawancara, karena memberi kesan bahwa anda seorang yang kaku dan defensif. Idealnya, tangan dibiarkan bebas untuk mengekspresikan kata-kata anda, tentu saja dengan tidak berlebihan.

Selama wawancara berlangsung, buatlah kontak mata yang intens. Pelamar yang sering membuat kontak mata menunjukkan keinginan untuk dipercaya serta kesungguhan memberikan jawaban. Rilekslah dan sesekali tersenyum untuk menunjukkan bahwa anda pribadi yang hangat. Umumnya, perusahaan menyukai pelamar yang menyenangkan. Kurangi kata-kata “saya merasa…” atau “saya kurang…” dan sebaiknya gunakan “saya pikir…”, “menurut pendapat saya..”, “saya yakin…”, “saya optimis…”. Kata-kata “saya merasa…” atau “saya kurang…” mengesankan anda lebih sering menduga, menggunakan perasaan, tidak terlalu percaya diri dan tidak menguasai persoalan.

Nah, siap bersaing di dunia kerja? Yang penting, persiapkan diri anda dengan baik dan jangan pernah meremehkan pertanyaan sekecil apapun dalam wawancara kerja. Selamat bersaing! (Lily Bertha Kartika/ berbagai sumber)

KETERAMPILAN PALING DICARI PERUSAHAAN
Apakah anda punya salahsatunya ..?

Seperti tiap orang yang ingin karirnya maju, masa depan karir anda juga ditentukan keterampilan yang anda miliki dan dapat anda ‘jual’ pada perusahaan. Dan para pencari kerja dengan keterampilan yang diinginkan perusahaan pencari kerja itulah, yang akan lebih cepat mendapatkan pekerjaan.

Sebenarnya, anda dapat meningkatkan keterampilan yang anda miliki lho, tentu saja tergantung dengan minat, kemampuan, bakat, kecukupan dana dan kesesuaian target karir. Tetapi, mengingat ketidakpastian ekonomi seperti sekarang ataupun saat mendatang, maka lebih baik anda mengutamakan untuk memiliki keterampilan yang berguna untuk peningkatan karir anda dalam waktu dekat. Berikut ini 8 keterampilan yang paling dicari saat ini,menurut penelitian Departemen Tenaga Kerja Amerika Serikat.

1. Keterampilan bahasa asing

Pada jaman modern seperti ini, penguasaan bahasa asing sudah menjadi syarat mutlak di semua perusahaan ketika mereka membuka lowongan pekerjaan. Karena itu, mereka yang menguasai bahasa asing seperti Inggris, Jepang, China, Jerman dan Perancis, acapkali lebih disukai dan diprioritaskan dalam ujian saringan masuk di sebuah perusahaan. Bidang kerja spesifik yang masuk kategori ini misalnya penterjemah, diplomat dll.

2. Keterampilan teknis tentang mesin

Saat ini, teknologi adalah mutlak diperlukan di semua bidang usaha. Bagian instalasi yang memperbaiki sebagian besar jaringan listrik suatu gedung, peralatan elektronik dan sebagainya. Insinyur, bagian telekomunikasi, ahli otomotif, ahli transportasi adalah sebagian diantara bidang kerja yang masuk dalam kategori ini.
3. Keterampilan dalam mengelola sumber daya manusia
Umumnya, perusahaan yang mempunyai pegawai lebih dari satu orang, tentu mempunyai masalah yang berhubungan erat dengan bagaimana melakukan interaksi timbal balik di perusahaan itu. Sehingga sudah pasti, sukses sebuah perusahaan sangat bergantung pada bagaimana para pegawai di semua lini perusahaan itu dapat saling bekerja sama. Mereka yang bergerak di bidang kerja ini umumnya memang memahami dan menangani segala kebutuhan para pekerja di suatu perusahaan.

4. Keterampilan di bidang pemrograman komputer

Perusahaan masa kini telah sangat bergantung pada sistem komputerisasi yang canggih. Itulah sebabnya, mereka membutuhkan orang-orang yang mengerti secara detil seluk beluk program komputer. Jika anda mempunyai keterampilan berupa penguasaan seluk beluk tentang HTML, Visual Basic, Unix atau SQL Server, anda akan menjadi salahsatu aset besar perusahaan dan berpeluang meningkatkan karir anda.

5. Keterampilan Mengajar

Sebagai bagian dari komunitas modern yang selalu berkembang setiap waktu, perusahaan masa kini kerap menginginkan anak buahnya mempuanyai pengetahuan yang multi dimensi, bahkan yang bukan bidang kerjanya. Sebab itu, kini banyak perusahaan menggaji pengajar khusus untuk meberikan kursus tambahan bagi karyawannya, misalnya perpajakan, bisnis manajemen, pelayanan sosial atau manajemen administrasi. Mereka yang memiliki pengetahuan multi disipliner semacam ini biasanya kerap ‘dikejar’ banyak perusahaan untuk memberikan ‘short course’ bagi pegawai mereka.

6. Keterampilan manajemen keuangan

Seperti juga dalam keluarga, perusahaan juga membutuhkan perencanaan keuangan yang sistematis untuk kelangsungan hidup jangka panjangnya. Banyak perusahaan seringkali mendatangkan penasihat bisnis, investasi dan perencanaan keuangan yang ideal bagi masa depan mereka. Oleh karena itulah, anda yang mempunyai kemampuan di bidang akuntansi, perencana keuangan atau bisnis dan investasi, akan selalu menjadi incaran perusahaan-perusahaan.

7. Keterampilan ilmu kimia dan matematika

Banyak sekali kemajuan besar di dunia ini tercipta dari beragam penemuan di bidang kimia dan obat-obatan. Oleh karena itu, kebutuhan pasar kerja terhadap sumber daya manusia di bidang kimia, fisika, biologi ini akan selalu tinggi dan tidak akan pernah surut. Bidang kerja yang termasuk di dalamnya misalnya apoteker, ahli pangan dan obat-obatan, peneliti, dll.

8. Keterampilan memecahkan masalah

Berbagai tugas yang kita hadapi setiap harinya, baik secara personal dan juga dari segi bisnis merupakan hal yang kompleks yang kerap terjadi. Mereka yang mampu mengidentifikasi berbagai masalah, mencari solusi, membuat keputusan-keputusan yang efektif adalah nilai tambah yang paling dicari perusahaan. Yang masuk dalam kategori ini misalnya bidang kerja bisnis administrasi, konsultan manajemen, administrasi negara, ilmu pengetahuan, obat-obatan atau insinyur.

PERUBAHAN PARADIGMA DALAM PENGEMBANGAN KARIER

Karier merupakan sesuatu yang amat penting dalam kehidupan pribadi maupun sosial seseorang. Dalam konsultasi karier di Kompas banyak pertanyaan berkisar pada pengembangan karier, baik dari kalangan non manajer maupun manajer.
Misalnya: Saya sekarang sudah bekerja di suatu jabatan selama 5 tahun. Kapan waktu yang tepat untuk pindah jabatan atau naik jabatan? Bagaimana meningkatkan karier dalam situasi bisnis yang tidak menentu? “Organisasi tempat saya bekerja tidak memungkinkan saya untuk naik pangkat, apakah yang harus saya lakukan dalam pengembangan karier saya?

Tulisan ini membahas mengenai perubahan yang terjadi dalam pola karier seseorang dan bagaimana strategi kita agar pengembangan karier kita dapat terjamin. Pengembangan karier tradisional

Dalam pandangan tradisional, pengembangan karier merupakan tanggung jawab suatu organisasi yang menyiapkan karyawan dengan kualifikasi dan pengalaman tertentu, agar pada waktu dibutuhkan organisasi sudah memiliki karyawan dengan kualifikasi tertentu. Sifatnya paternalistik, dari atas kebawah dan tersentralisasi.
Jadi yang dilakukan karyawan adalah bekerja sebaik mungkin, mengikuti semua pelatihan yang diberikan, menunggu kesempatan kenaikan jabatan dan biasanya menurut saja menduduki jabatan yang ditawarkan oleh perusahaan.
Pengembangan karier tradisional pada umumnya berupa kenaikan karier secara vertikal dari satu jenjang pekerjaan tertentu ke jenjang berikutnya. Jadi seseorang diharapkan mendalami suatu bidang pekerjaan tertentu kemudian menduduki jabatan manajerial.

Pengembangan karier yang sifatnya vertikal dimungkinkan karena bentuk organisasi yang sifatnya hirarkis/birokratis. Pengembangan karier tradisional kurang memberikan kesempatan kepada seseorang yang memiliki kompetensi teknikal yang tinggi namun tidak memiliki kemampuan manajerial., karena tidak tersedia jalur spesialis.
Namun beberapa perusahaan besar yang mempunyai sistem pelatihan dan pengembangan yang terintegrasi memberikan kesempatan kepada para karyawannya untuk pindah jalur profesi atau memberikan kesempatan kepada karyawannya menjadi generalis.
Tantangan Lingkungan Bisnis

Tantangan eksternal seperti globalisasi, persaingan, kemajuan teknologi, tuntutan pelanggan, mendorong suatu organisasi untuk berubah. Situasi ekonomi serta persaingan yang tajam mendorong organisasi melakukan restrukturisasi, perampingan organisasi, desentralisasi, merger, pemanfaatan IT dsb.

Struktur organisasi yang bersifat hirarkis dianggap terlalu lamban untuk memberikan nilai tambah kepada pelanggan. Organisasi dalam situasi yang sangat dinamis harus mampu bergerak secara cepat dan luwes.
Struktur organisasi yang lebih datar/ horisontal dianggap lebih tepat untuk keadaan sekarang karena jarak antara konsumen dengan pengambil keputusan lebih dekat.

Bahkan struktur organisasi yang bersifat network dimana suatu organisasi hanya memiliki pusat yang kecil dan fungsi fungsi organisasi dilaksanakan secara outsourcing., dianggap sebagai struktur yang cocok untuk situasi ini.
Tantangan lingkungan bisnis ini membuat rasa aman karyawan menjadi hilang. Tempat seseorang dalam suatu organisasi tiba-tiba bisa hilang. Hal ini dapat menimbulkan masalah besar dalam kehidupan seseorang.
Seseorang tidak dapat lagi menggantungkan hidupnya pada organisasi. Tanggung jawab pengembangan karier seseorang didorong menjadi tanggung jawab individu.

Seseorang harus mencari nilai tambah bagi dirinya sendiri sehingga lebih luwes dalam mencari pekerjaan termasuk menciptakan pekerjaan bagi dirinya sendiri (entrepreneurship). Job security yang hilang harus digantikan menjadi career security.
Paradigma Baru Pengembangan Karier

Sejalan dengan perubahan struktur organisasi maka pengembangan karier yang bersifat tradisional dianggap tidak cukup luwes untuk memunuhi kebutuhan organisasi dan karyawan pada saat ini.

Tantangan dunia bisnis menuntut pola kerja yang sifatnya lintas fungsi dan tim kerja. Seseorang yang bekerja di bidang pemasaran harus memiliki pengetahuan keuangan, sumber daya manusia, produksi atau operasi. Seseorang dapat pula mengembangkan karier ke bidang spesialis dan profesional tanpa harus melalui bidang manajerial.

Pada beberapa perusahaan imbalan yang diterima oleh seorang profesional dapat melebihi imbalan dari seorang manajer. Pilihan penting lain adalah menciptakan lapangan kerja untuk anda sendiri dan orang lain.

Nah orang-orang yang berani mangambil risiko, peka terhadap tantangan bisnis dapat memilih alternatif ini. Jadi arah pengembangan karier pada saat ini lebih variatif, bisa vertikal, horisontal, dapat juga horisontal dulu kemudian vertikal. Agar anda memiliki career security lebih aktiflah meningkatkan ketrampilan dan kompetensi, sehingga anda benar-benar menjadi sangat ahli atau memiliki keahlian yang bersifat multiskill.

Kiat-Kiat Memperoleh Career Security :

· Tetapkan sasaran karier anda, teknikal, manajerial, profesional, fungsional atau menjadi wirausaha.
· Carilah seorang mentor yang mengetahui kekuatan dan kelemahan anda.
· Jangan membatasi karier anda hanya dalam satu bidang saja, karena akan mengurangi fleksibilitas ruang gerak anda.
· Berpartisipasi dalam setiap kesempatan pelatihan dan pengembangan di organisasi anda, meskipun anda tidak yakin manfaatnya untuk saat ini.
· Pendidikan S2 antara lain di bidang bisnis dapat memberikan lebih banyak pilihan dalam meningkatkan karier, termasuk pilihan menjadi entrepreneur.
· Berkontribusilah jika anda dipilih menjadi anggota suatu proyek kerja, karena akan memperluas kompetensi lintas fungsi dan meningkatkan kerja kelompok.
· Tingkatkan jejaring kerja anda baik didalam maupun diluar organisasi tempat anda bekerja.
· Tingkatkan ketrampilan hubungan antar manusia anda seperti komunikasi, kepemimpinan, motivasi, negosiasi dsb.
· Perbarui ketrampilan teknikal anda termasuk pengetahuan dalam bidang IT .
· Jangan mudah berpuas diri, selalu mencoba cara kerja yang lebih baik.
· Berpegang teguh pada etika yang berjalan seiring dengan sukses karier anda.
Nah siapkah anda untuk meningkatkan karier sesuai dengan perubahan paradigma baru organisasi?
Juliati T. Gunadi MBA Sekolah Tinggi Manajemen Prasetiya Mulya (Tim Konsultasi Karier pada karier@kompas.com)

Bila surat lamaran Anda tidak dibalas

Bila anda sudah mengirimkan surat lamaran dan ternyata tidak mendapat balasan, ada beberapa kemungkinan mengapa surat lamaran anda tidak dibalas. Tentunya, pertama-tama anda harus melamar pekerjaan yang sesuai dengan kemampuan dan minat anda sendiri, yang harus dicerminkan dalam surat anda. Kemudian, kita perlu memahami bagaimana suatu perusahaan menyeleksi surat lamaran yang diterimanya. Bagi perusahaan, surat lamaran dapat dianggap sebagai saringan pertama bagi calon karyawannya. Biasanya, yang ingin diketahui pertama-tama adalah apakah persyaratan mutlak yang biasanya tercantum dalam iklan terpenuhi atau tidak.
Persyaratan mutlak itu meliputi misalnya, pendidikan terendah, jumlah pengalaman kerja, dan juga apakah pengalaman itu relevan dengan pekerjaan yang ditawarkan. Tentu saja kesan pertama penting sekali. Surat yang lipatannya kurang rapi, salah tulis atau ketik menimbulkan kesan kurang baik. Bila surat lamaran anda lengkap, dilampiri keterangan-keterangan sesuai persyaratan, maka kesan pribadi yang tampil dari surat lamaran anda akan menentukan apakah anda akan diundang untuk wawancara atau tidak. Surat yang mencerminkan penulis yang berkepribadian menarik akan mendapatkan lebih banyak perhatian.
Tampilkanlah diri anda secara wajar, jujur dan profesional. Sebutkanlah lowongan yang dilamar secara jelas. Ceritakanlah secara ringkas apa yang mendorong anda untuk melamar pekerjaan itu dan bagaimana anda secara pribadi merasa akan dapat berkembang dan juga berkontribusi kepada perusahaan itu. Janganlah membuat surat yang terlalu panjang. Satu lembar sudah cukup. Sertakan lampiran berupa riwayat pekerjaan, pendidikan, salinan ijazah dan hal-hal lain yang diminta.

Cara berpakaian yang baik dalam wawancara

Berpakaian yang “baik” dalam wawancara memang tidak dapat digeneralisasikan karena setiap perusahaan memiliki kebiasaan-kebiasaan/budaya perusahaan yang berbeda. Namun, ada beberapa tips yang dapat diingat, antara lain:
· Cari informasi terlebih dahulu tentang perusahaan dan Bapak/Ibu yang akan mewawancarai anda. Beberapa perusahaan memiliki peraturan atau “kebiasaan” berpakaian secara formal, tetapi ada juga yang semi formal, atau bahkan ada yang bebas. Hal ini penting, agar anda tidak dilihat sebagai “orang aneh’, disesuaikan dengan posisi yang akan dilamar. Bagi pelamar pria disarankan menggunakan kemeja lengan panjang dan berdasi, tidak perlu menggunakan jas. Berpakaian rapih dan bersih, tidak kusut. Hal ini memberi kesan bahwa anda menghargai wawancara ini.
· Berpakaian dengan warna yang tidak terlalu menyolok (mis., mengkilap, ngejreng).
· Bagi pelamar wanita berpakaian yang tidak terlalu ketat (rok bawah, kancing baju atasan).
· Berpakaian dengan disain yang simple (tidak telalu banyak pernik-pernik, toch ini bukan acara pesta).
· Tidak berlebihan dalam menggunakan wangi-wangian dan perhiasan.

Berapa gaji yang anda minta ?

Bila dalam wawancara, Anda ditanya berapa gaji yang anda inginkan, bagaimana cara menjawab pertanyaan itu dengan baik tanpa menimbulkan kesan bahwa Anda pencari gaji tinggi atau memberi kesan berapapun imbalan yang diberikan Anda mau.
Pada umumnya perusahaan sudah mempunyai rentang standar gaji untuk jabatan -jabatan yang ditawarkan. Bagi pelamar untuk posisi yang lebih tinggi dan langka biasanya memiliki kekuatan tawar menawar yang lebih tinggi. Jadi dalam menjawab pertanyaan tersebut anda harus memperoleh gambaran dulu imbalan total yang akan anda terima dalam setahun. Imbalan total adalah gaji dan tunjangan lain yang diberikan termasuk insentif dan bonus. Selain itu perlu ditanyakan apakah imbalan yang ditawarkan itu termasuk PPH atau netto.

Dalam menjawab pertanyaan tersebut jawablah imbalan yang anda harapkan setahun. Berdasarkan harga pasar yang sesuai untuk jabatan tersebut serta nilai tambah yang anda miliki. Jawablah dengan diplomatis: ” Saya berpendapat perusahaan ini pasti sudah mempunyai standar imbalan bagi jabatan ini. Berdasarkan pengalaman yang saya miliki dan kontribusi yang dapat saya berikan pada perusahaan ini, saya mengharapkan imbalan yang akan diberikan adalah minimal Rp. …/tahun ditambah fasilitas-fasilitas lain sesuai dengan peraturan perusahaan.

Negosiasi mengenai gaji pada saat ini tidak lagi dipandang tabu oleh sebagian besar perusahaan, namun anda diharapkan mengumpulkan informasi dulu agar dapat bernegosiasi dengan baik.

Variasi pertanyaan dalam wawancara

Bagi pelamar terutama bagi pemula pencari kerja perlu mempersiapkan diri dalam menghadapi pertanyaan-pertanyaan yang akan dihadapi. Berikut ini kami berikan variasi-variasi pertanyaan yang kerap muncul dalam wawancara

Pertanyaan mengenai riwayat pendidikan :
· Mengapa anda memilih jurusan tersebut?
· Mata pelajaran apa yang anda paling suka, jelaskan alasannya.
· Mata pelajaran apa yang kurang anda sukai, jelaskan alasannya.
· Pada tingkat pendidikan mana anda merasa paling berprestasi, mengapa?
· Apakah hasil ujian menggambarkan potensi anda, jelaskan?
· Siapakah yang membiayai studi anda?
· Bagaimana teman-teman atau guru mengambarkan mengenai diri anda?
· Dalam lingkungan macam apakah anda merasa dapat bekerja paling baik?

Pertanyaan mengenai pengalaman kerja :
· Ceritakan mengenai pengalaman kerja anda
· Bagi yang belum pernah bekerja pada umumnya diminta untuk menceritakan mengenai aktivitas ekstra kurikuler selama studi
· Pekerjaan manakah yang paling menantang bagi anda, mohon dijelaskan.
· Pekerjaan manakah yang paling menantang bagi anda dan bagaimana anda menyelesaikan hal tersebut
· Dengan kolega macam apakah anda senang bekerja sama?
· Dengan boss macam apakah anda senang bekerja?
· Bagaimanakah anda memperlakuan anak buah anda?

Pertanyaan mengenai sasaran anda :
· Mengapa anda ingin bekerja dalam industri ini?
· Apakah yang mendorong anda melamar kepada perusahaan kami?
· Apakah yang anda inginkan dalam 5 tahun mendatang?
· Apakah yang anda inginkan dalam hidup anda?
· Apa yang anda lakukan untuk mencapai sasaran anda?

Pertanyaan mengenai organisasi yang ingin anda masuki :
· Apakah yang anda ketahui tentang organisasi yang akan anda masuki?
· Menurut anda faktor faktor sukses apa yang dibutuhkan seseorang untuk bekerja disini?
· Apakah yang anda cari dalam bekerja?
· Bagaimana anda dapat berkontribusi dalam perusahaan ini?
· Menurut anda apa visi dan misi dari organisasi ini?

Pertanyaan yang perlu dicermati :
· Tolong buka jendela tersebut ( ada tanda “sedang dicat mohon ditutup”)
· Kita lanjutkan wawancara ini tanggal 27 Desember 2000 (lebaran).

CV = Kesuksesan Anda

(Jika anda mengelolanya dengan benar)

Curiculum Vitae (CV) anda ibarat cermin bagi perekrut di perusahaan yang anda lamar. Dengan membacanya, seorang rekruiter akan segera bisa membayangkan seperti apa anda, bahkan sebelum mereka melihat anda. Profesionalkah, lamban atau tukang mengeluh?.Karenanya,berhati-hatilah dalam membuat Curiculum Vitae (CV) atau daftar riwayat hidup anda.Kalau salah memasukkan informasi, bukan tak mungkin kesempatan anda melayang.

1. Wajah CV.

Siapa yang tidak menyukai wajah cantik atau penampilan menarik?perumpamaan itupun berlaku ketika anda membuat CV. Sekalipun anda pintar dan profesional, perekrut tak akan tertarik membaca CV anda jika terlihat tidak menarik. Karenanya, kertas dan huruf adalah hal yang perlu diperhatikan dengan seksama untuk memastikan CV anda dibaca sampai selesai.

a. Kertas : jangan menggunakan kertas bergaris, berwarna atau yang desainnya meriah.Kesan yang timbul dengan menggunakan kertas jenis ini adalah : tidak profesional dan kuno.Sebaiknya gunakan kertas HVS putih polos dan ketik lamaran anda menggunakan komputer. Jangan pernah mengirimkan fotokopi CV, karena anda akan dianggap tidak menghargai perusahaan yang anda lamar. Biasakan mengeprint beberapa set CV anda sekaligus, sehingga anda tak akan kerepotan ketika tiba-tiba harus mengirim lamaran.

b. Huruf : Usahakan mengetik CV anda dengan komputer, karena akan lebih terjamin kerapihannya dibanding kalau anda menggunakan mesin tik manual.Untuk jenis huruf yang pantas dalam pengetikan CV, gunakan pilihan huruf yang sederhana tapi jelas terbaca, misalnya : Arial atau Times New Roman. Jangan memilih huruf yang membuat efek ukiran, karena akan memusingkan orang yang membacanya dan mengesankan anda seorang amatiran. Gunakan tinta hitam.

2. Isi CV

Untuk ‘menjual’ diri anda pada perusahaan yang anda lamar, sebaiknya kemukakan hal-hal yang pantas diketahui. Adalah hal yang mutlak untuk menampakkan kejujuran dalam CV anda, tetapi bukan berarti anda mengobral diri anda dengan menuliskan hal-hal yang tidak perlu, misalnya tinggi dan berat badan, kondisi kesehatan atau jumlah anak.

a. Data diri : pada bagian ini jelaskanlah hal-hal yang secara prinsip harus diketahui perusahaan tempat anda melamar, yaitu : nama lengkap, tempat/tanggal lahir, alamat dan nomor telephone.

b. Pendidikan : pada bagian ini yang perlu disebutkan adalah sertifikat yang berkaitan dengan pendidikan formal anda, nama lembaga pendidikan tempat anda pernah menimba ilmu, bidang studi, prestasi, penghargaan atau kursus yang signifikan dengan pendidikan anda. Kalau anda pernah mendapatkan beasiswa, penghargaan sebagai pemenang lomba karya tulis atau pernah kursus bahasa asing atau komputer, maka tuliskanlah dengan singkat dan jelas.

c. Pengalaman Kerja : Sebutkan dengan singkat dan jelas di perusahaan mana saja anda pernah bekerja. Jika anda pernah bekerja kurang dari enam bulan di suatu perusahaan, sebaiknya jangan ditulis kecuali ada hal khusus yang anda yakini baik untuk perkembangan karir anda.Tuliskan dengan singkat apakah anda pernah mempunyai prestasi di tempat kerja anda yang lama.Hindari untuk menyebutkan nama bos anda yang lama atau nomor telephone perusahaan anda yang lama.

d. Aktivitas dan keterampilan khusus : point ini sifatnya tidak harus. Jika anda memang mempunyai kegiatan atau keterampilan yang memang mendukung, tuliskanlah. Misalnya : mengikuti perkumpulan filateli, sekretaris atau punya keterampilan menulis steno, manajemen dll.

e. Minat : Sebutkan dengan singkat minat anda yang anda yakin positif dan signifikan untuk peningkatan karir anda.

Jika anda kesulitan dalam menyusun CV anda supaya lebih menarik, maka tidak ada salahnya kalau minta bantuan konsultan CV Builder yang berpengalaman. Silahkan kunjungi http://www.alamcvpro.net

About these ads

April 17, 2007 - Posted by | Tips and Tricks

134 Komentar »

  1. Langsung tak-save ke PC-ku. Artikel maut! sangat membantu, bisa dirujuk ke kenalan-kenalan yang akan melamar kerja ini.

    Makasih banyak mas!

    Komentar oleh hafiz | April 23, 2007 | Balas

    • semangat lagi untuk melamar lamar kerja :) setelah membaca artikel ini

      Komentar oleh syarip | Oktober 17, 2011 | Balas

    • mantabb maz
      sangay membantu tips nya

      Komentar oleh maz dani | Mei 20, 2012 | Balas

  2. Makasih mas, Atikel anda sangat membantu, meskipun belum teruji kebenarannya :-) tapi ini patut untuk dicoba dan di mengerti.. thanks a lot

    Warmest Regards,

    Komentar oleh Arif Deni M | April 23, 2007 | Balas

  3. sepertinya dah pernah baca mm dimana yah, salam kenal mas makasih yah infonya

    Komentar oleh susiloharjo | April 24, 2007 | Balas

  4. aku save ke tempatku, soalnya besok aku wawancara dgn pt punya org belgia. semoga bermanfaat..amin

    Komentar oleh iwan | Mei 1, 2007 | Balas

    • moga sukses mas Iwan….

      Komentar oleh jabon | Agustus 11, 2010 | Balas

  5. very helped!
    saya dah nikah n punya baby. sekarang mulai cari kerja lagi. saya bingung,apakah peluang kerja bagi perempuan yang udah nikah apakah masih terbuka lebar? gimana cara menyiasati pertanyaan2 yang menyangkut kehidupan keluarga kita. dan kalau ditempatkan di lain kota, bagaimanakah kita harus menjawabnya?
    trims

    Komentar oleh satria | Mei 3, 2007 | Balas

  6. Mas…..
    Lam kenal yah,,
    ojo lali lo yo hehehheheh
    Wah asik loh kalo Tika (nama panggilan_bisa dikirimin Mas
    Matur_Nuwun
    Pareng Mas…
    GooD LUcK!!!

    Komentar oleh kartika belina | Mei 3, 2007 | Balas

  7. Mas….salam kenal…yach
    mas say neeh baru beres kul 4 bulan k belakang jur teknik informatika, tpi skrang blum bekerja n saya dah ngelamar k berbagai perusahaan. mas bleh minta saran gmna seeeh caranya agar lamaran ntu bsa d baca oleh perusahaan tersebut, kan yang ngelamar tu suka banyak kadang lamaran kita suka terlewat tolong kasih saran yach mas…
    hatur nuhun……!! trima kasih yach mas sebelumnya ….!!

    Komentar oleh Sony | Mei 7, 2007 | Balas

  8. mas makasih atas artikel ini.ini sangat membantu saya.tak seve deh ke documen ku.

    Komentar oleh suherdi sudiana | Mei 10, 2007 | Balas

  9. saya ucapkan terima kasih banyak. saya sangat yakin artikel yang anda tulis akan sangat bermanfaat bagi saya.

    Komentar oleh d. rafli | Mei 23, 2007 | Balas

  10. mass saya boleh minta surat lamaran versi dalam bahasa jepang

    saya membutuhkan sekali..plissss ya mas..bantu aku

    Komentar oleh VALENT | Mei 26, 2007 | Balas

  11. makasehh…………….mas
    mas punya lamaran versi bahasa inggris ngak?

    makasih

    Komentar oleh reey | Juni 3, 2007 | Balas

  12. sayasangat seneng bisa baca artikel yang berbobot seperti ini. terus terang saya mau tes wawancara jadi menurut saya artikel ini dapat membantu saya untuk mempersiapkan diri menghadapi wwncara…..thax…..

    Komentar oleh raoivah | Juni 11, 2007 | Balas

  13. lumayan, aku belum baca semua.
    tapi itu kan hasil riset di amerika (ttg skill yang paling d butuhkan)bagaimana kalau di indonesia? apa sama?

    Komentar oleh leila | Juni 22, 2007 | Balas

  14. wah makasihh banget atas infonya karna aku akan mengikuti tes wawancara.so mudah-mudahan aku bisa lulus.amin…

    Komentar oleh dani arif | Juli 2, 2007 | Balas

  15. makasih ya mas. aku coba baca, tp skrang masih tersimpan.
    sapa tahu ini dapat merubah sesuatu dari diri aku.
    thanks a lot

    Komentar oleh nanang | Agustus 30, 2007 | Balas

  16. saya hanya bs mengucapkan banyak terima kasih atas informasi yang diberikan mengenai tips lamaran pekerjaan yang rencanya mau saya gunakan melamar di suatu perusahaan swasta d lampung thn 2008 mendatang. smg tips lamaran pekerjaan ini bermanfaat bagi saya dan qt smua amin……..
    thank you very much….

    Komentar oleh edy santoso | September 2, 2007 | Balas

  17. mas,ku lg kul S2 n blm kerja.krn bnyakny wkt luang,ku pngen nymbi krja,gmn nls lmaran yg bgs dgn pendku yg skrng ini? thanks….

    Komentar oleh Ecya | September 14, 2007 | Balas

  18. tulisannya cukup membumi dan cerdas dalam memilih kata-kata. salut.

    Komentar oleh bunga | Oktober 9, 2007 | Balas

  19. ma kasih mas, sangat membantu dan penjelasannya rasional

    Komentar oleh mas ginting | Oktober 11, 2007 | Balas

  20. Thanks……….. atas imformasi mengenai tips lamaran pekerjaan,saya akan mencoba tips ini untuk melamar pekarjaan disuatu perusahaan yang ternama diMakassar / Oktober 22, 2007

    Komentar oleh Bayu | Oktober 22, 2007 | Balas

  21. setelah dibaca, tulisan ini cukup inspiratif!! thank you bos!

    Komentar oleh setyo | Oktober 24, 2007 | Balas

  22. Terima kasih banyak atas tulisannya, meskipun tampaknya simpel namun isinya lumayan. Kalo bisa sih sekalian dilengkapi dengan contoh gambar biar lebih jelas.
    Salam dari kami, Sayuto Group Jogja
    http://sayutogroup.blogspot.com

    Komentar oleh Sayuto Group | Oktober 24, 2007 | Balas

  23. tulisan ini telah berhasil membantu teman saya, semoga tulisan ini juga dapat membantu saya dan para pencari kerja yang lain (amien).

    Komentar oleh moyen | November 27, 2007 | Balas

  24. Terimaksih banyak atas tulisan-tulisan Anda yang mencerahkan ribuan orang. Semoga semua karya tulis Anda ini menjadi kebaikan dan bermanfaat bagi penulisnya, pembacanya, serta yang menanggapi dan menindaklanjutinya.

    Syiarkanlah terus kebajikan walau hanya satu kata, semata-mata karena mengharap ridha, rahmat, dan berkah dari ALLAH YANG MAHA SEGALANYA.

    Amin… Amin… Amin…

    Lagi-lagi, banyak-banyak terima kasih.

    Komentar oleh AA Fikri | Februari 18, 2008 | Balas

  25. terima kasih,profesi saya sebagai penyiar dan produser program. artikel ini sangat membantu saya untuk dijadikan info ke pendengar.kebetulan radio tempat saya bekerja di khususkan untuk para pencari kerja dan para enterpreneur.(www.kencanafm.com)
    semoga artikel yang saya sampaikan melalui radio ini juga bisa membantu banyak orang.terima kasih sekali lagi..dan semoga sukses

    Komentar oleh elang bhaskara | Februari 26, 2008 | Balas

  26. Artikel yang sangat menarik! Usul buat juga artikel tentang tips kerja dibidang yang tidak sama dengan bidang kuliahnya. Misal kuliah hukum, kerja IT dll. Hehe2x…

    Komentar oleh x | Februari 28, 2008 | Balas

  27. Hanya ingin mengucapkan beribu terimakasih. Semoga tipsnya berguna untuk rekan-rekan kami yang masih menganggur.

    Komentar oleh Ardi Panondan | Maret 31, 2008 | Balas

  28. Saya sangat senang membaca tips ini dan saya juga perna diwawancara sama seperti pertanyaan diatas, dan hasilnya skarang saya bisa diterima bekerja.

    Komentar oleh hilda | Mei 9, 2008 | Balas

  29. Terimaksih banyak atas tulisan-tulisan Anda yang mencerahkan ribuan orang. Semoga semua karya tulis Anda ini menjadi kebaikan dan bermanfaat bagi penulisnya, pembacanya, serta yang menanggapi dan menindaklanjutinya.

    Komentar oleh andrie | Mei 10, 2008 | Balas

  30. Mkasih tipsnya besok aku ada panggilan wawancara doakan ya :)

    Komentar oleh Landy | Juni 6, 2008 | Balas

    • doa sih pasti, tapi sebaiknya sambil mencari peluang tuk buka usaha sendiri…

      Komentar oleh jabon | Agustus 11, 2010 | Balas

  31. Kasih jawaban dunk untuk pertanyaan mengenai sasaran kita..makasih saran -sarannya…..I’ll Try

    Komentar oleh Pandu | Juni 19, 2008 | Balas

  32. Terima kasih untuk tipsnya

    Komentar oleh rial | Juli 8, 2008 | Balas

  33. berguna sekali artikelnya!

    terima kasih =)

    Komentar oleh ami | September 15, 2008 | Balas

  34. Khusus untuk CV, bergabunglah ke http://www.linkedin.com, anda akan “dipaksa” untuk menulis CV dan membandingkan dengan CV orang lain. Trims.

    Komentar oleh Aris Adrianto | September 19, 2008 | Balas

  35. bulllllllllllll shiiiitttttttttttt

    Komentar oleh kkk | Oktober 28, 2008 | Balas

  36. hai..
    artikelnya kereeeen jg to +wwsan n trik2 kl test wwncra,,, selamat berjuang!!!

    Komentar oleh ade | November 28, 2008 | Balas

  37. Terimakasih atas artikel yang bermanfaat ini semoga saya dapat menempuh wawancara kerja dengan baik.

    Komentar oleh Moch.Muchlis | Desember 9, 2008 | Balas

  38. wah keren banget…bisa akseh tips2 dunia kerja laennya g??
    tolong kirirm ke email saya aguz_holic@yahoo.co.nz
    makaseh.

    Komentar oleh one | Januari 5, 2009 | Balas

  39. makasih about artikelnya, saya udah beberapa kali sampai interview akhir tapi ya gagal juga…..saran yang baik buat lebih baik tentunya ditambah dengan doa……………….

    Komentar oleh mogaa | Maret 5, 2009 | Balas

  40. Cihuiiii….
    Good Artikel…,,
    aq kan fresh Graduate mas, q belum punya banyak pengalaman kerja ato pun wawancara,so kalo seandainya Aq di tanyain “Berapa skor (1-10) kamu nilai diri anda” sebaiknya aq jawab Gimana???
    Binunnnn….
    matur Nuwunnn

    Komentar oleh Indra_Prawita | Maret 9, 2009 | Balas

  41. thnk you so much buat artikelnya….

    Komentar oleh anggie hsb | Maret 10, 2009 | Balas

  42. SipP tenan lah artikelnya si Akang iki..
    Matur Nuwun Kang..

    Komentar oleh Aditia Arif Rachman | Maret 15, 2009 | Balas

  43. Oya Kang, aku numpang tanya..
    Kalo kita ditanya berapa gaji yang Anda inginkan, gimana jawaban terbaiknya menurut Akang..
    Matur nuwun..

    Komentar oleh Aditia Arif Rachman | Maret 15, 2009 | Balas

  44. bagus articlenya, boleh tukeran link.

    Komentar oleh Budi Wastono | Maret 26, 2009 | Balas

  45. thanks for share yah, inspiratif banget buat ku.

    visit me on pancallok.blogspot.com

    Komentar oleh nuryaqinamin | April 19, 2009 | Balas

  46. saya sangat terbantu dengan artikel ini
    tanggal 2 juni saya ada panggilan wawancara
    wawancara saya yg pertama..
    karena di tempat kerja pertama dengan mudah saya bisa masuk tanpa tes wawancara.
    mudah2an ini jadi langkah pertama saya untuk meningkatkan kemampuan diri saya..
    besar harapan saya untuk diterima diposisi ini

    Komentar oleh bayu arista | Mei 29, 2009 | Balas

  47. makasih tipsnya.

    semoga tips ini bisa melancarkan wawancara saya besok d Bank Mandiri, dan berbuah manis tentunya.

    Komentar oleh wawan | Juni 16, 2009 | Balas

  48. wahh maz anda punya prinsip bagus jg yahh>>
    membantu agar para pelamar kerja sukses dalam interview.

    Komentar oleh zero | Juli 24, 2009 | Balas

  49. keyen banget, , ,q terinspirasi buat lebih dari itu,,moga2 da tips yang lain ya,,,

    Komentar oleh winda | Juli 31, 2009 | Balas

  50. terima kasih atas tipsnya…
    sangat membantu…

    Komentar oleh Dennisa | Agustus 20, 2009 | Balas

  51. [...] disini Related ArticlesBookmarksTags Lowongan Kerja September 2009 Dibutuhkan programmer C++ [...]

    Ping balik oleh Tips Sukses Wawancara Kerja | Lowongan Kerja Terbaru | Agustus 30, 2009 | Balas

  52. wow seneng nemu tips2 ini. thanks a lot buat infonya

    Komentar oleh Anita | September 2, 2009 | Balas

  53. Saya pikir tip ini bs bantu sy…Utk sukses…Thanks

    Komentar oleh Daryono | September 13, 2009 | Balas

  54. buat teman2 yang gagal terus wawancara kerja mendingan jgn jd pekerja…tp bisnis aja…
    cobain bisnis PULSA ELECTRIC … laku terus …ga bakal surut … salah satu dealer pulsa yg murah di HPCPULSA.CO.CC
    ini bisnis beneran bukan MLM

    search aja … HPCPULSA.CO.CC

    Komentar oleh mantan pengangguran | September 24, 2009 | Balas

  55. tks for the informations…, gbu

    Komentar oleh forest | September 28, 2009 | Balas

  56. Wow tips saat wawancara kerja yang sangat brmanfaat. Thanks a lot…

    Komentar oleh nida | Oktober 14, 2009 | Balas

  57. makasih tips dan artikelnya.. nice info..

    Komentar oleh saher | Oktober 14, 2009 | Balas

  58. ini pertama kali saya untuk wawancara kerja,terima kasih untuk tipsnya………..

    Komentar oleh ahmad sholihin | Oktober 16, 2009 | Balas

  59. tengkyuu banget buat yang nulis!!!!!! kerennn.. besok lusa saya ada wawancara kerja.. semoga bisa diaplikasikan dengan baik ya ilmu2 dari blog ini.. mohon doanya..

    Komentar oleh names | Oktober 18, 2009 | Balas

  60. keren ya…
    saya baru lulus sedang melamar kerja sudah lebih 7x interview belum ada panggilan yg pasti..
    saya merasa pd awalnya dengan interview saya, namun melihat kenyataan belum ada panggilan pasti saya merasa mungkin ada yang slah dgn interview saya,,
    dengan membaca artikel ini, jadi lebih membuka pikiran saya kalo saya tidak lebih pintar dari yg mewawancarai..
    terima kasih tips nya semoga interview selanjutnya saya bisa lolos ya.. amien…

    Komentar oleh asep wahyuddin | November 18, 2009 | Balas

  61. [...] : Tips sukse dalam wawancara kerja Categories: MELAMAR PEKERJAAN (WAWANCARA) Komentar (0) Lacak Balik (0) Tinggalkan [...]

    Ping balik oleh TIPS DALAM MENGHADAPI WAWANCARA « Blognya Hj.Yusriah | Januari 10, 2010 | Balas

  62. [...] : Tips sukses dalam wawancara kerja Categories: MELAMAR PEKERJAAN (WAWANCARA) Komentar (0) Lacak Balik (0) Tinggalkan [...]

    Ping balik oleh CARA BERPAKAIAN SAAT WAWANCARA « Blognya Hj.Yusriah | Januari 10, 2010 | Balas

  63. [...] : Tips dalam wawancara kerja Categories: MELAMAR PEKERJAAN (WAWANCARA) Komentar (0) Lacak Balik (0) Tinggalkan [...]

    Ping balik oleh VARIASI PERTANYAAN DALAM WAWANCARA « Blognya Hj.Yusriah | Januari 10, 2010 | Balas

  64. Thank ya infonya, pantesan aq dah sering diwawancara tp ga diterima kerja.

    Komentar oleh Elsih | Januari 20, 2010 | Balas

  65. [...] : Tips sukses dalam wawancara kerja Categories: TIPS MELAMAR KERJA (WAWANCARA) Komentar (0) Lacak Balik (0) Tinggalkan [...]

    Ping balik oleh VARIASI PERTANYAAN PADA WAWANCARA KERJA « Blognya Hj.Yusriah | Januari 21, 2010 | Balas

  66. [...] : Tips sukses dalam wawncara kerja Categories: TIPS MELAMAR KERJA (WAWANCARA) Komentar (0) Lacak Balik (0) Tinggalkan [...]

    Ping balik oleh MENGHADAPI WAWANCARA KERJA « Blognya Hj.Yusriah | Januari 21, 2010 | Balas

  67. [...] : Tips sukses dalam wawancara kerja Categories: TIPS MELAMAR KERJA (WAWANCARA) Komentar (0) Lacak Balik (0) Tinggalkan [...]

    Ping balik oleh CARA BERPAKAIAN SAAT WAWANCARA KERJA « Blognya Hj.Yusriah | Januari 21, 2010 | Balas

  68. siip Laa

    Komentar oleh gendis | Februari 26, 2010 | Balas

  69. bagaimana kalau di suatu perusahaan telah memasukkan karyawan yang dekat2 saja, seperti adiknya, atau saudaranya…
    ketika saya tidak mempunyai relasi atau orang yang dekat di perusahaan tersebut….
    itu menunjukkan bahwa 90% orang yang mempunyai saudara di perusahaan bisa diterima..???
    apa yang harus dilakukan oleh orang yang tdk mempunyai saudara di perusahaan tsbt… sementara kita telah dipanggil utk interview…. berarti itu cuma formalitas perusahaan saja.?

    Komentar oleh Andri | Maret 7, 2010 | Balas

    • Jangan khawatir, menurut pengalaman saya perusahaan yang seperti itu tidak banyak. Memang sering penerimaan karyawan melalui 2 jalur, satu jalur umum, satu jalur yang khusus untuk orang dekat, biasanya sebelum jalur umum dibuka
      Bila kita emang kompeten, pasti akan ketrima.

      Komentar oleh artika | April 20, 2010 | Balas

  70. Wah makasih bgt yach mas artikelnya ini membantu saya besok saya mau interview mas saya waktu pernah di interview di pt…
    dengan masalah gaji eh ternyata saya tidak ditereima karena saya memasang gaji tinggi padahal saya mempunyai pengalaman lebih di bidang it mas and hrd mas gimana caranya yach mas agar saya sukses di interview kerja pada saat di tanya masalah gaji mas terima kasih mas

    Komentar oleh Muhammad Nur | April 18, 2010 | Balas

  71. Saya CoPas ya mas…
    Matur nuwun

    Komentar oleh afnee | Mei 20, 2010 | Balas

  72. thanks tipsnya sangat berguna nih :)

    Komentar oleh yohan | Juni 13, 2010 | Balas

  73. Waaaahh…bagus bct mas,trima ksh tips nya,pasti sangat membantu ku ni

    Komentar oleh Adik | Juli 5, 2010 | Balas

  74. saya lulus sma.and artikel ni kan ku jadikan inspirasi dan yang pasti aku jadiin pegangan nanti kalau aku mau kerja.thanks banget atas smua yang udah ditulis.

    Komentar oleh rentina wijayani | Juli 20, 2010 | Balas

  75. saya mahasiswa S1 yang bentar lagi lulus…bisa saya jadikan referensi tambahan untuk menambah persiapan wawancara kerja nih…mksh tulisannya sangat inspiratif

    Komentar oleh januar | Juli 29, 2010 | Balas

  76. sya suka dengan tips yang anda berikan

    Komentar oleh ade | Agustus 6, 2010 | Balas

  77. Bagus juga,patut dicoba…

    Komentar oleh Galih | Agustus 8, 2010 | Balas

  78. canggih pisan euy.. aku copas ya mas.. nuhunnnn :)

    Komentar oleh elnie | September 14, 2010 | Balas

  79. makasihh yach artikel nya…besok gw ada wawancara di auto 2000…doakan saya yah ^^

    Komentar oleh agus siQn | Oktober 8, 2010 | Balas

  80. Terima kasih atas infonya

    Komentar oleh faesal | Oktober 18, 2010 | Balas

  81. terima kasih infonya sangat bermanfaat :)

    Komentar oleh gaya | Oktober 20, 2010 | Balas

  82. ngebantu bgt nih artikel bwt persiapan wawancara kerja…
    thx bgt…

    Komentar oleh agenk pewe | Oktober 27, 2010 | Balas

  83. Moga nanti aku bisa diterima di perusahaan kalau nanti udah kelas 2 SMK.
    amiennn

    Komentar oleh ANNA | November 1, 2010 | Balas

  84. Trima kasih bt infona..Tadi na sya tegang skali stlh mendapat panggilan wawancara,sya lgsung bingung apa yg hrs dpersiapkan,tp stlh bca artikel ini,sya jdi merasa lbh baik dan yakin :)

    Komentar oleh Melly | November 24, 2010 | Balas

  85. ijin copas ya.. sgt bermanfaat

    Komentar oleh wirdan | Februari 9, 2011 | Balas

  86. seep mau coba deh demi masa depan boong dikit gpp lah :)

    Komentar oleh info lowongan kerja bandung | Februari 25, 2011 | Balas

  87. Besok saya ada wawancara,,,
    mdah2an diterima Aamiin,,,,,,
    thx,,,,

    Komentar oleh Mariam | Maret 2, 2011 | Balas

  88. thks, tipsnya q dah berhasil kerja diperusahn berkat tips2nya………..

    Komentar oleh lopez | Maret 6, 2011 | Balas

  89. good

    Komentar oleh adri ubaidillah | Maret 26, 2011 | Balas

    • masukan dan tips yang layak dan logis untuk dilakukan.

      Komentar oleh sukromandejay | Maret 28, 2011 | Balas

  90. makasih mas artikelnya…
    aq sabtu da wawancara kerja,pdhl aq masih fresh graduate bum tau wawancara kerja tuh hrus gimana???makasih ya mas

    Komentar oleh ade | April 14, 2011 | Balas

  91. thanks a lot…

    Komentar oleh nl | April 24, 2011 | Balas

  92. Thanks dah ngasih tips, tapi sayank gua taunya telat, jd ga lolos wawancara dech. Mg tahun depan bisa jadi bekal agar lolos dalam wawancara dan diterima kerja sesuai yang diharapkan.

    Komentar oleh agung.fitz | Mei 9, 2011 | Balas

  93. terima kasih banyak pak!
    bisa saya praktikan untuk wawancara kerja saya selanjutanya setelah beberapa kali tes user saya belum berhasil.

    Komentar oleh arie | Mei 9, 2011 | Balas

  94. wah artikel yang sangat membantu pak..
    sebagai fresh graduate saya memang butuh info seperti ini..
    ^.^

    Komentar oleh bening titis nuansa | Mei 20, 2011 | Balas

  95. Thanks buat ilmu2nya

    Komentar oleh yesi | Mei 26, 2011 | Balas

  96. nice share dan sangat bermanfaat..salam kenal ya…

    Komentar oleh http://www.tentangperempuan.com/ | Juni 6, 2011 | Balas

  97. gus

    Komentar oleh Ilhami Putri Sari | Juli 27, 2011 | Balas

  98. Wogh mantep banget nih artikel …. Artikel ini selalu tak baca sebelum mau wawancara …. Doa-kan sukses yah teman – teman wawancara saya ….

    Komentar oleh CanSet | Agustus 9, 2011 | Balas

  99. Buanyaaaak…

    Komentar oleh nano | Agustus 19, 2011 | Balas

  100. thanks yaatas informasi yah,,,,,,,

    Komentar oleh Ranto | September 19, 2011 | Balas

  101. hem..menarik untuk disimak dan dibaca

    Komentar oleh joyaslan | September 21, 2011 | Balas

  102. Makash saran’y y mas .
    Ni yg d sbut pluang kerja .
    Bner” brmanfaat .

    Komentar oleh Viet | September 22, 2011 | Balas

  103. Sarannya Bagus banget .

    Komentar oleh Turizha Hara Mizftha | Oktober 2, 2011 | Balas

  104. Bermanfaat! saya baru pertama kali mau melmar kerja. dan tips diatas adalah tips yang sangat saya butuhkan saat ini. Makasih ya Bang!

    Komentar oleh Dark Ard Deidara | Oktober 9, 2011 | Balas

  105. Thank….
    sangat membantu dalam menghadapi wawancara…
    semoga trik ini bermanfaat bg saya untuk selanjutnya….

    Komentar oleh hery | Oktober 12, 2011 | Balas

  106. good news brother

    Komentar oleh Yohan Hidayat | Oktober 16, 2011 | Balas

  107. [...] Tips sukses dalam wawancara kerja Share this:TwitterFacebookLike this:SukaBe the first to like this post. [...]

    Ping balik oleh Tips sukses dalam wawancara kerja « P4MRI STKIP Pelita Bangsa Selatpanjang | Oktober 21, 2011 | Balas

  108. thanks…

    Komentar oleh Sadewo Krisna | November 1, 2011 | Balas

  109. wah penting juga yahhhh,,,,

    Komentar oleh suciati hidayat | November 6, 2011 | Balas

  110. sangat bermanfaat, ini yg kudu dibaca sebelum kerja mas bro

    Komentar oleh Karir Gue | November 15, 2011 | Balas

  111. terima kasih atas infonya, makin memperluas cakrawala pengetahuan tentang dunia kerja. keep posting

    Komentar oleh Kisah islam | November 15, 2011 | Balas

  112. thanks mas atas semua infonya. sangat bermanfaat

    Komentar oleh bobby | November 24, 2011 | Balas

  113. oke bisa dipahami trims

    Komentar oleh Mohamad Sidiq | Desember 1, 2011 | Balas

  114. sangat bermanfaat bagi saya. thankz

    Komentar oleh Cut Noni Nadra | Desember 5, 2011 | Balas

  115. [...] Meski anda merasa pintar dan brilian, jangan keburu yakin bahwa semua pintu perusahaan akan terbuka … [...]

    Ping balik oleh Tips Sukses Dalam Wawancara Kerja « blogdenmah | Januari 6, 2012 | Balas

  116. bisakah ada memberikan contoh bagai mana wawancara yg baik,tentang meceritakan dri pribadi?

    pribadi ada sendiri sja?..

    Komentar oleh irfan | Januari 18, 2012 | Balas

  117. bagaimana cara menimbulkan kepercayaan diri ketika wawancara berlangsung?

    Komentar oleh Fitri Wahyuni Lee | Februari 13, 2012 | Balas

  118. [...] : Tips Sukses dalam Wawancara Kerja — Update : Wednesday, February 11, [...]

    Ping balik oleh TIPS SUKSES WAWANCARA KERJA « BleuMariposa | Februari 13, 2012 | Balas

  119. makasih ya mas artikelnya sangat bermanfaat.izin share ya

    Komentar oleh dani | Maret 28, 2012 | Balas

  120. makasih pencerahannya… :)

    Komentar oleh Agus Hidayatulloh | April 25, 2012 | Balas

  121. Jossss.. semoga bermanfaat untuk banyak pihak.

    Komentar oleh security services | Juli 5, 2012 | Balas

  122. Kalimat pembuka yang sangat menarik, “Meski anda merasa pintar dan brilian, jangan keburu yakin bahwa semua pintu perusahaan akan terbuka secara otomatis untuk anda.”

    Komentar oleh motivator Indonesia | Juli 16, 2012 | Balas

  123. Wawancara kerja mesti lihai merangkai kata, menemukan jawaban tepat yang tidak akan jadi boomerang untuk diri sendiri.

    Komentar oleh Pemeliharaan mesin | Juli 20, 2012 | Balas

  124. I every time emailed this web site post page to all my contacts, since if like to read it next my links will
    too.

    Komentar oleh e cigarette | April 19, 2013 | Balas

  125. Thanks for the marvelous posting! I definitely enjoyed
    reading it, you could be a great author. I will make sure to bookmark
    your blog and will eventually come back down the road.
    I want to encourage you to ultimately continue your great work, have
    a nice morning!

    Komentar oleh ymca | Mei 30, 2013 | Balas

  126. It’s not my first time to pay a quick visit this website, i am browsing this site dailly and get good information from here everyday.

    Komentar oleh Sonic | Agustus 1, 2013 | Balas

  127. Terima kasih banyak atas segala infonya, salam sukses..
    http://goo.gl/j7LG9C

    Komentar oleh عداد السيوطى | Januari 16, 2014 | Balas

  128. Terima kasih banyak atas segala infonya..
    http://goo.gl/z5g6eA

    Komentar oleh Adad muhammad sayuty (@AdadSayuty) | April 3, 2014 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 42 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: