Yunianto Tri Atmojo

Let\’s change for the better future!

Ellyas Pical

Ellyas Pical (lahir di Saparua, Ambon, 24 Maret 1963) adalah petinju asal Indonesia yang merupakan juara dunia pertama dari Indonesia.

Ellyas telah menggeluti olahraga tinju sejak berusia 13 tahun. Sebagai petinju amatir yang bermain di kelas terbang, ia kerap menjadi juara mulai dari tingkat kabupaten hingga kejuaraan Eropa. Karir profesionalnya dimulai pada tahun 1983 dalam kelas bantam junior. Sejak itu, berturut-turut sederet prestasi tingkat dunia diraihnya, seperti juara OPBF setelah mengalahkan Matsuo Watanabe asal Jepang dengan kemenangan KO di ronde ke-6 pada Oktober 1984. Pukulan kirinya yang terkenal cepat itu, mengharumkan nama bangsa. Di dunia internasional, ia dijuluki “The Exocet”, nama sebuah rudal Perancis yang sedang populer digunakan pada masanya.

Ia merebut gelar juara IBF kelas super bulu dari petinju Korea Chun Ju-do di Jakarta pada tanggal 3 Mei 1985. Kiprahnya ini hanya bertahan dua tahun setelah menyerah dari petinju Thailand, Khaosai Galaxy, pada tahun 1987. Ayah dari Lorinly dan Matthew ini pun sedikit demi sedikit menyingkir dari ring tinju. Pical yang tidak sempat lulus SD ini kemudian bekerja sebagai penjaga di sebuah diskotik di Jakarta.

Ia ditangkap pada 13 Juli 2005 oleh polisi karena melakukan transaksi narkoba di sebuah diskotik. Penangkapannya sempat menuai kritikan dari berbagai pihak yang menyoroti tiadanya jaminan hidup yang diberikan pemerintah kepada atlet yang telah mengharumkan nama negara. Pical lalu divonis hukuman penjara selama 7 bulan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Sepanjang karir profesionalnya, rekornya adalah 19 kemenangan (11 KO), 1 seri, dan 5 kekalahan. Dari pernikahannya dengan Rina Siahaya Pical, ia memperoleh dua orang putra: Lorinly dan Matthew.

Oktober 2, 2006 - Posted by | Tokoh dan Biography

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: