Yunianto Tri Atmojo

Let\’s change for the better future!

Ternyata Lensa Kontak bermula dari ide Da Vinci

Lensa kontak makin hari makin populer saja. Tidak cuma untuk kesehatan, tapi juga untuk kosmetik mata.

Meski popularitasnya baru dalam beberapa tahun terakhir, lensa kontak sebenarnya sudah ada sejak lama. Bahkan banyak kalangan percaya, ide lensa yang menempel langsung pada bola mata itu konon sudah ada sejak tahun 1000-an. Namun, ide lensa kontak yang terdokumentasikan baru ada di tahun 1508 dari catatan dan gambaran serta sketsa yang dibuat Leonardo Da Vinci.

Sang pelukis “Monalisa” – yang menjadi sumber inspirasi Dan Brown dalam menulis novel best seller The Da Vinci Code – adalah orang genius yang serba bisa dan menjadi penemu serta inspirator bagi penemuan-penemuan alat-alat mutakhir yang ada sekarang. Di dalam buku catatannya, ditemukan banyak sketsa tentang kacamata yang langsung bisa dikenakan pada bola mata.

Setelah Da Vinci, lensa kontak juga dipercaya ditemukan oleh Rene Descartes pada tahun 1632. Lensa kontak yang digagas tokoh ini dikenakan pada kornea mata. Malah Descartes membuat hydriascope, gelas yang diisi air untuk menetralkan kekuatan kornea mata.
Hampir 200 tahun lamanya ide Da Vinci maupun Descartes tidak terealisasikan. Baru kemudian di tahun 1801, seorang ahli fisika Inggris, Thomas Young, menciptakan tabung gelas berisi air dan memuat lensa yang sangat kecil. Lensa ini dipakainya sendiri. Konon, dia membuat lensa ini karena terinspirasi dari ide Rene Descartes. Di tahun 1827, seorang ahli astronomi berkebangsaan Inggris, bernama Sir John Herschel membuat lensa yang digerindanya sendiri sehingga pas dan cocok dipakai langsung pada permukaan mata. Herschel adalah anak dari seorang ahli astronomi Inggris kenamaan bernama William Herschel. Penemuannya itu menjadi sejarah yang sangat berperan bagi lahirnya lensa kontak.

September 18, 2006 - Posted by | Artikel Bebas

2 Komentar »

  1. Da Vinci memang hebat ya ? Sampai hari ini saja karya-karyanya masih ada yg belum terpecahkan orang, seperti Da Vinci Code itu.🙂

    Komentar oleh bank al | September 20, 2006 | Balas

  2. lensa kontak sebenarnya barang jadul ya..

    Komentar oleh kiar | Oktober 21, 2012 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: