Yunianto Tri Atmojo

Let\’s change for the better future!

Teluk Guantanamo

Teluk Guantanamo (bahasa Inggris: Guantanamo Bay) terletak di Provinsi Guantanamo, Kuba, pada 19°54′ N 75°9′ W dan merupakan tempat di mana sebuah Pangkalan Angkatan Laut AS berada.

Pangkalan laut tersebut, yang dihuni sekitar 9.500 tentara, menjadi terkenal karena digunakan sebagai tempat pengasingan bagi tahanan yang dicurigai terlibat dengan jaringan teroris al-Qaeda oleh pihak militer Amerika Serikat.

[sunting]

Kuba dan Teluk Guantanamo

HUBUNGAN Kuba dengan Amerika Serikat memang agak aneh. Kuba boleh saja dikenal sebagai Pemimpin negara anti AS di kawasan Amerika Latin, bahkan menganut sistem politik komunis. Namun di daratan negara tersebut, tepatnya di Teluk Guantanamo, bercokol-lah salah satu Pangkalan Angkatan Laut AS yang dikenal dengan penjaranya yang punya pengamanan ekstra ketat. Guantanamo dan Kuba, mungkin cuma sebuah nama. Tidak banyak diantara kita yang tahu entah dimana tempat itu berada. Bagi yang belum tahu, silahkan lihat telusuri atlas dunia. Di sebelah selatan Florida, negara bagian Amerika serikat (AS), di antara Samudera Atlantik, Teluk Meksiko, dan Laut Karibia, terdapat gugusan pulau-pulau Karibia. Pada gugusan pulau itu terdapat sejumlah negara. Satu pulau kira-kira sebesar Pulau Jawa, dikenal dengan nama Kuba dengan ibukota La Habana/Havana.

Di sebelah selatan pulau Kuba terdapat gugusan pulau kecil, Kepulauan Cayman yang dikenal sebagai pusat perbankan internasional. Ke tenggara, Jamaica. Terus ke timur, negara pulau Haiti, Puerto Rico, dan gugusan pulau-pulau kecil yang kini terkenal, kepulauan Virgin. Terus ke tenggara/selatannya, terdapat negara-negara pulau kecil, Grenada, Trinidad, dan Tobaco.

Kalau menyebut Kuba, maka yang segera terbayang tentu saja sebuah negara yang menjadi duri dalam daging bagi AS pada masa Perang Dingin dulu hingga kini. AS harus menghadapi kenyataan ketika moncong-moncong rudal nuklir milik Uni Soviet yang adalah sekutu Kuba diarahkan ke dataran AS — kasus yang begitu terkenal karena nyaris menjadi pemicu Perang Dunia III.

Lalu, bila berkaitan dengan Kuba, tentu terbayang oleh kita pemimpin Kuba, Fidel Ruz Castro (lahir 13 Agustus 1926, di Mayari, provinsi Oriente). Presiden yang berkuasa di Kuba sejak Revolusi Kuba (1959), dan mampu berpidato lebih dari 10 jam. Fidel Castro pemimpin Kuba beraliran komunis, dan kemudian menjadi Presiden Kuba (1976) — dan bersahabat dengan Bung Karno itu akhirnya menyerah karena sakit dan usia tua.

Kuba dikenal negara penghasil pisang, dan juga produsen cerutu paling enak di dunia. Gadis-gadis Kuba hebat bermain bola voli dan menjuarai kejuaraan voli dunia. Selebihnya, kita mengetahui, Kuba sebuah negara republik yang terletak sekitar 145 km di selatan Florida, berpenduduk sekitar 12 juta jiwa. Di negara ini hanya dibolehkan satu partai komunis, Partindo Comunista de Cuba (PCC).

Dari negeri ini dikenal penyair/penulis esei terkenal Jose Marti, dan juga Nicolas Guillen, Alejo Carpentier, dan Jose Lezama Lima. Kuba sudah merdeka pada 1899 dari pendudukan AS. Presiden Kuba terpilih pertama, Thomas Estrada Palma (1902). Dan sejak hampir 50 tahun ini, Republik Kuba dipimpin oleh Castro, kepala negara gaek yang berkuasa paling lama di dunia.

Nah, salah satu provinsi yang juga merupakan nama teluk dan kota di tenggara pulau Kuba bernama Guantanamo. Untuk sampai ke kota atau teluk Guantanamo dari ibukota Havana, harus melintasi daerah dan kota besar Santa Clara, Camagiie, Heguin, Bayamo, dan Santiego de Cuba.

Teluk Guantanamo dijadikan pangkalan Angkatan Laut AS, dan disitu ditempatkan sekitar 9.500 orang marinir. AS resminya menyewa Pangkalan AL Guantanamo ini dari pemerintah Kuba sebelum Castro. Castro tidak mengakui perjanjian itu, namun dia tidak berdaya mengusir para serdadu AS tersebut karena AS berdalih bahwa perjanjian sewa-menyewa itu resmi dan dilindungi hukum internasional.

Lalu, sejak awal tahun 2002, Guantanamo dijadikan penjara hidup paling kejam di dunia. Di tempat tersebut disembunyikan sekitar 500 tahanan yang dituduh AS sebagai teroris dan pengikut Al-Qaida.

Sebagai pangkalan angkatan laut AS, kapal perang AS kerap berlabuh di sana. Pangkalan tersebut memiliki fasilitas lengkap termasuk lapangan udara. Pangkalan tersebut terpisah dari Kota Guantanamo, ibukota provinsi Guantanamo, Kuba. Kota itu terletak sekitar 34 kilometer utara teluk Guantanamo. Sampai tahun 1843, kota yang didirikan sekitar 1819 ini dinamakan Santa Catalina del Saltadero del Guaso.

Provinsi Guantanamo dikenal sebagai penghasil tebu/gula, kopi, dan coklat. Jalan raya menghubungkan Santiago de Cuba dengan kota pelabuhan Cair manera di Teluk Guantanamo. Teluk ini dikelilingi perbukitan ini berukuran lebar 9 km dan panjang 18 km, dan disebut one of largest and best sheltered bays in the world. Gadis-gadis Guantanamo diabadikan dalam sebuah lagu populer, Guantanamera. (sumber : Harian Jurnal Nasional).

September 7, 2006 - Posted by | Artikel Bebas

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: