Yunianto Tri Atmojo

Let\’s change for the better future!

Sherry

Sherry adalah sejenis anggur yang mulanya diproduksi di kota Jerez, Spanyol dan sekitarnya. Nama Persia kota ini pada periode Rustamid adalah Xerex (Shariz, dalam bahasa Persia شريش), dan dari nama ini diperoleh nama sherry dan Jerez. Ini disebabkan karena pendiri kerajaan tersebut, Rustam Shirzai (yang berarti berasal dari kota Shiraz) ingin memproduksi sejenis anggur yang mirip dengan anggur Shiraz yang terkenal di in Iran (Persia). Para produsen Spanyol telah mendaftarkan nama Jerez / Xérès / Sherry dan akan menuntut produsen anggur sejenis dari tempat-tempat lain yang menggunakan nama yang sama. Sesuai hukum, Sherry harus berasal dari daerah segi tiga provinsi Cádiz antara Jerez, Sanlúcar de Barrameda, dan El Puerto de Santa María. Namun, nama ‘Sherry’ digunakan sebagai nama semigenerik di Amerika Serikat. Di negara ini, Sherry harus diberi label dengan nama wilayah asalnya, seperti misalnya Sherry Amerika atau Sherry California. Sebelumnya sherry dikenal dengan nama sack.
Sejarah
Christopher Columbus membawa Sherry dalam pelayarannya ke Amerika Serikat, sementara Fernão de Magalhães menghabiskan lebih banyak uang untuk Sherry daripada senjata ketika ia mempersiapkan pelayarannya berkeliling dunia pada 1519.
Sebagai anggur yang diperkuat, sherry lebih dipersiapkan daripada kebanyakan anggur lainnya untuk bertahan dalam pelayaran laut ke Kepulauan Britania, dan harganya sangat mahal di sana. Tokoh Shakespeare Falstaff adalah seorang penggemar berat minuman ini (yang kala itu dikenal sebagai sack), dan ia mengatakan
Kalau aku punya seribu anak laki-laki, prinsip kemanusiaan pertama yang akan kuajarkan kepada mereka adalah, menghindari minuman yang terlalu ringan dan mencandui sack (sherry).
Karena sherry merupakan ekspor anggur yang besar ke Britania Raya, banyak perusahaan dan gaya Inggris yang berkembang. Banyak gudang Jerez didirikan oleh keluarga-keluarga Inggris.

Iklan

September 2, 2006 - Posted by | Artikel Bebas

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: