Yunianto Tri Atmojo

Let\’s change for the better future!

Perang Punisia

Perang Punic, adalah sebuah peperangan yang terjadi antara Republik Romawi dengan Kekaisaran Kartago. Kata Punic sendiri berasar dari kata Punici, yang memiliki arti Orang fenisia dalam bahasa latin.

Perang ini terjadi akibat adanya keinginan bangsa Romawi untuk memperluas daerah kekuasaannya. Niat ini awalnya berlangsung tanpa hambatan yang berarti (hambatan disini berarti perlawanan dari penduduk asli) hingga akhirnya Republik Romawi berhadapan dengan Kartago. Pertempuran berlangsung dengan korban mencapai ratusan ribu prajurit. Sebelum serangan Republik Romawi pada Perang Punic 1, Kekaisaran Kartago adalah penguasa daerah Mediterania dengan maritimnya yang kuat. Hingga akhirnya pada Perang Punic 3, Republik Romawi berhasil menghancurkan Kekaisaran Kartago dan menghancurkan ibukotanya, menjadikan Republik Romawi sebagai penguasa terkuat di Mediterania bagian barat.

Hannibal, Jendral Kekaisaran Kartago
Pada Perang Punic 1 (264 SM – 241 SM), pertempuran bukan hanya terjadi di daratan, namun perang laut yang besar juga terjadi. Perang ini berlangsung dengan sengit hingga akhirnya Kekaisaran Romawi menang dan mendapatkan Kepulauan Sicilia. Akibat kekalahannya, Kartago mengalami guncangan politik maupun militer, sehingga Kekaisaran Romawi dengan mudah merebut Sardinia dan Corsica.
Pada Perang Punic 2 (218 SM – 202 SM), Pasukang Kartago yang dipimpin oleh Hannibal menyebrangi daerah Alpen untuk menyerang Roma dari utara, dan berhasil memenangkan sejumlah pertempuran. Namun ternyata kemenangan ini tidak cukup berarti untuk menjatuhkan Roma. Membalas kekalahannya, Kekaisaran Romawi menyerang Hispania, Sicila dan Yunani. Disaat yang sama, pertempuran terjadi di Afrika. Di sana, Kekaisaran Kartago berhasil dikalahkan dalam sebuah pertempuran di Zama (Battle of Zama). Hal ini mengakibatkan berkurangnya wilayah kekuasaan Kartago.
Perang Punic 3 diwarnai dengan penyerangan Kekaisaran Roma langsung ke jantung Kekaisaran Kartago, Kota Kartago, pada tahun 149 SM – 146 SM. Kekaisaran Romawi menang dan berhasil menghancurkan Kota Kartago, sekaligus menandai keruntuhan Kekaisaran Kartago.

September 2, 2006 - Posted by | Sejarah

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: