Yunianto Tri Atmojo

Let\’s change for the better future!

Apa Khasiat Susu dan daging Kambing?

Susu kambing memang memiliki karakteristik yang berbeda dengan susu sapi, ataupun air susu ibu (ASI). Susu kambing memiliki daya cerna yang tinggi, memiliki tingkat keasaman yang khas, memiliki kapasitas bufer yang tinggi dan dapat digunakan untuk mengobati penyakit tertentu.

Daging kambing sudah sangat populer bagi masyakarat. Berbagai macam jenis makanan tradisional diolah dari daging kambing seperti misalnya sate, sop, gulai, dan kare. Walaupun demikian, seringkali daging kambing dituding sebagai penyebab darah tinggi dan sakit jantung.

Berikut disajikan nilai nutrisi, kelebihan dan kelemahan susu dan daging kambing.

Susu kambing banyak direkomendasikan sebagai bahan substitusi bagi bayi, anak, dan orang dewasa yang alergi terhadap susu sapi ataupun berbagai jenis makanan lainnya. Pada bayi, alergi terhadap susu sapi (cow milk allergy) banyak dijumpai, akan tetapi mekanisme terjadinya alergi masih belum jelas. Bagi bayi yang alergi terhadap susu sapi jika diberikan susu sapi terus-menerus akan menyebabkan reaksi pembesaran lamina propia dan peningkatan permeabilitas molekur makro dan aktivitas elektrogenik lapisan epitel. Gejala klinis seperti ini akan hilang jika bayi tersebut diberikan makanan bebas susu sapi. Jadi, potensi susu kambing sebagai pengganti susu sapi pada bayi ataupun pasien yang alergi terhadap susu sapi sangatlah besar.

Gejala alergi terhadap protein susu biasanya timbul pada bayi yang berumur dua sampai empat minggu, dan gejalanya akan semakin jelas pada saat bayi berumur enam bulan.

Bagian tubuh yang terserang alergi ini adalah saluran pencernaan, saluran pernapasan, dan kulit. Gejala-gejala yang tampak akibat alergi terhadap protein susu di antaranya muntah, diare, penyerapan nutrisi yang kurang sempurna, asma, bronkitis, migren, dan hipersensitif.

Gejala patologis yang terlihat pada bayi yang alergi terhadap susu sapi di antaranya iritasi usus halus, lambat pertambahan bobot badannya, volume feces yang berlebihan, dan bau yang khas. Akan tetapi, perlu diingat bahwa sering kali gejala ini dicampuradukkan dengan gejala tidak tolerannya seseorang terhadap laktose (lactose intolerance).

Kelebihan susu kambing

Susu kambing dilaporkan telah banyak digunakan sebagai susu pengganti susu sapi ataupun bahan pembuatan makanan bagi bayi-bayi yang alergi terhadap susu sapi. Alergi pada saluran pencernakan bayi dilaporkan dapat berangsur-angsur disembuhkan setelah diberi susu kambing.

Dilaporkan bahwa sekitar 40 persen pasien yang alergi terhadap protein susu sapi memiliki toleransi yang baik terhadap susu kambing. Pasien tersebut kemungkinan besar sensitif terhadap lactoglobulin yang terkandung pada susu bangsa sapi tertentu.

Diduga protein susu (-lactogloglobulin yang paling bertanggung jawab terhadap kejadian alergi protein susu.

Susu kedelai sering pula digunakan sebagai salah satu alternatif pengganti susu sapi bagi bayi yang alergi terhadap susu sapi. Walaupun demikian, masih terdapat sekitar 20 persen-50 persen dari bayi-bayi yang diteliti memperlihatkan gejala tidak toleran terhadap susu kedelai. Oleh sebab itu, susu kambing bubuk lebih direkomendasikan untuk susu bayi. Panas yang digunakan selama proses pengolahan susu mengurangi reaksi alergi. Denaturasi panas merubah struktur dasar protein dengan cara menurunkan tingkatan alerginya.

Susu kambing mengandung lebih banyak asam lemak berantai pendek dan sedang (C4:0-C12:0) jika dibandingkan dengan susu sapi. Perbedaan ini diduga menyebabkan susu kambing lebih mudah dicerna. Ukuran butiran lemak susu kambing lebih kecil jika dibandingkan dengan susu sapi atau susu lainnya. Sebagai gambaran ukuran butiran lemak susu kambing, sapi, kerbau, dan domba bertutur-turut adalah: 3,49, 4,55, 5,92, dan 3,30 mm.

Dari hasil penelitian Mack pada tahun 1953 disimpulkan bahwa kelompok anak yang diberi susu kambing memiliki bobot badan, mineralisasi kerangka, kepadatan tulang, vitamin A plasma darah, kalsium, tiamin, riboflavin, niacin, dan konsentrasi hemogloninnya yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kelompok anak yang diberi susu sapi. Disamping itu, susu kambing memiliki kapasitas bufer yang lebih baik, sehingga bermanfaat bagi penderita gangguan pencernaan.

Kandungan folic acid dan Vitamin B12 yang rendah merupakan kelemahan susu kambing. Selain kelemahan ini, susu kambing dapat dikatakan merupakan makanan yang sempurna.

Penyakit cardiovascular?

Berdasarkan publikasi yang dilakukan oleh USDA, daging kambing mentah memiliki kandungan lemak 50 persen-65 persen lebih rendah dibandingkan dengan daging sapi, akan tetapi kandungan proteinnya hampir sama. Daging kambing juga memiliki kandungan lemak 42 persen-59 persen lebih rendah jika dibandingkan dengan daging domba.

Hal yang sama juga dilaporkan untuk daging yang sudah dimasak. Disamping itu, persentase lemak jenuh daging kambing 40 persen lebih rendah jika dibandingkan dengan daging ayam (tanpa kulit) dan masing-masing 850 persen, 1.100 persen, dan 900 persen lebih rendah jika dibandingkan dengan daging sapi, babi, dan domba.

Berdasarkan hasil penelitian Devendra, asam lemak yang terkandung pada daging kambing sebagian besar (68,5-72,3 persen) terdiri dari lemak tidak jenuh. Daging kambing mengandung asam lauric, myristic, dan palmitic yang merupakan asam lemah tidak jenuh yang tergolong kedalam kelompok nonhypercholesterolemic masing-masing sebanyak 2,0, 2,6, dan 27,6 persen. Disamping itu, daging kambing mengandung asam lemak tidak jenuh oleic (C:18.1) sebanyak 30,1-37,0 persen, linoleic (C18.2) sebanyak 13,4 persen, dan linolenic (C:18.3) sebanyak 0,4 persen.

Kandungan kolesterol daging kambing ternyata hampir sama dengan daging sapi, domba, babi, dan ayam dan lebih rendah jika dibandingkan dengan beberapa produk susu dan daging ayam olahan dan makanan asal laut. Daging kambing mengandung kolesterol sebanyak 76 mg persen, sedangkan untuk daging sapi, ikan dan domba adalah 70 mg persen. Kandungan kolesterol daging babi dan ayam adalah 60 mg persen.

Tingkatan kolesterol darah kita kurang tergantung pada kolesterol yang terkandung pada makanan yang kita konsumsi. Kandungan kolesterol dalam darah lebih banyak tergantung pada jumlah asam lemah jenuh yang kita konsumsi, terutama rasio antara lemak polysaturated terhadap lemah jenuh.

Oleh sebab itu, untuk mengontrol tingkat kolesterol darah akan lebih efektif dilakukan dengan cara mengurangi konsumsi makanan yang mengandung asam lemak jenuh. Asam lemak polysaturated dan asam lemak monosaturated berada dalam kondisi tidak terlalu padat suhu ruang, sehingga tidak jarang kita melihat ada tetesan lemak pada karkas kambing yang digantung. Pengamatan terhadap tetesan lemak ini dapat digunakan sebagai salah satu metode sederhana untuk menentukan derajat kejenuhan lemak.

Hasil penelitian seperti yang telah dijelaskan di atas menunjukkan bahwa kambing tanpa mempertimbangkan umur, bangsa, dan daerah pemeliharaannya berperan dalam menyediakan daging berkualitas tinggi dan juga sumber lemak yang sehat dengan risiko mengonsumsi kolesterol yang minimum. Disamping itu, daging kambing mengandung lebih banyak zat besi, potassium, dan tiamin yang berhubungan dengan kandungan garam yang lebih rendah.

Daging kambing mengandung semua asam amino esensial dan mengandung lebih rendah kalori. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa susu dan daging kambing tergolong ke dalam bahan makanan yang bersahabat dan sehat untuk dikonsumsi, asalkan saja tidak secara berlebihan

About these ads

Januari 15, 2007 - Posted by | Kesehatan

62 Komentar »

  1. Saya Cukup tertarik dengan paparan bapak tentang susu kambing sebagai Subtitute bagi mereka yang alergi susu sapi.Saya melihat ini merupakan potensi susu kambing yang cukup luar biasa. Didaerah kami jawatimur ada banyak potensi susu kambing yang belum termanfaatkan. Yang ingin kami sampaikan kemana kami bisa memasarkan produk kami ini.

    Komentar oleh Muhamad Dedy | Februari 7, 2007 | Balas

    • sekarang dah ada susu kambing dalam bentuk serbuk (goat milk powder) asli tak bercampur dengan apa-apa bahan yang lain ..alau ada yang berminat sila hubungi 006 0135970081 atau email mnhmz@yahoo.com

      Komentar oleh din | November 15, 2009 | Balas

  2. Kira-kira bagusan mana dengan susu kacang kedelai. yang jelas lebih murah harganya susu kedelai.

    Komentar oleh Muhammad | Maret 31, 2007 | Balas

  3. Kami adalah pers. pemasaran susu kambing di jabotabek
    saya mencari mitra di daerah, karena sering orang daerah minta dikirim susu kambing dari jakarta, mungkin peternak daerah bisa update database ke saya, jadi bila orang daerah minta bisa saya langsung arahkan ke peternak di daerah

    Komentar oleh kapiten | September 21, 2007 | Balas

  4. Berapa rupiah harus dibayar untuk mendapatkan 500gram susu kambing, apakah sudah tersedia susu kambing dalam bentuk bubuk, tks wassalam
    zaini

    Komentar oleh M.Zaini | September 23, 2007 | Balas

  5. wah kebetulan sekali nich, saya memang semester ini lagi mempelajari susu kambing.

    Komentar oleh junaidi karo | Desember 16, 2007 | Balas

  6. Untuk pak Muhammad, protein hewani jauh lebih berkualitas daripada protein nabati, karena kandungan asam-aminonya lengkap dan dalam porsi yang lebih seimbang.

    Komentar oleh Asep | Desember 17, 2007 | Balas

  7. Alhamdulillah…
    paparan ini bermanfaat bgt..
    Saya jadi terinspirasi untuk menelaah lebih lanjut tentang kombinasinya untuk diet penyakit degeneratif lain dengan makanan lain…
    Smangat!!!

    Komentar oleh fida | Februari 15, 2008 | Balas

  8. [...] disadur dari Triatmojo blog [...]

    Ping balik oleh mytht.co.cc » Khasiat susu kambing | April 4, 2008 | Balas

  9. Terima kasih pak

    sudah menjelaskan

    khasiat dari potensi daging kambing…….
    ditunggu informasi lainnya

    Komentar oleh cahyo | Oktober 20, 2008 | Balas

  10. [...] disadur dari Triatmojo blog [...]

    Ping balik oleh Nggedabrus wae » Blog Archive » Khasiat Susu dan daging Kambing | Desember 11, 2008 | Balas

  11. betul saya sudah membuktikan khasiat susu kambing,saya dan keluarga sehat afiat berkat susu kambing. setiap hari komsumsi,bahkan saya sekarang juga menjualnya di daerah jakarta timur.dengan harga murah 1 lt rp 25,000.(dua puluh lima ribu rupiah)dalam 4 kantong plastik steril.untuk sementara tidak bisa antar ke pembeli,karena persedian terbatas.bisa diambil di tempat saya.
    peminat hub tlp 021 93015472.(esia)
    jakarta timur dekat PGC.

    Komentar oleh ben alwi | Januari 18, 2009 | Balas

  12. betul saya sudah membuktikan khasiat susu kambing,saya dan keluarga sehat afiat berkat susu kambing. setiap hari komsumsi,bahkan saya sekarang juga menjualnya di daerah jakarta timur.dengan harga murah 1 lt rp 25,000.(dua puluh lima ribu rupiah)dalam 4 kantong plastik steril.untuk sementara tidak bisa antar ke pembeli,karena persedian terbatas.bisa diambil di tempat saya.
    peminat hub tlp 021 93015472.(esia)(email)
    jakarta timur dekat PGC.

    Komentar oleh ben alwi | Januari 18, 2009 | Balas

  13. betul saya sudah membuktikan khasiat susu kambing, setiap hari komsumsi,bahkan saya sekarang juga menjualnya di daerah ciledug tangerang.dengan harga murah 1 lt rp 30,000.dalam 5 kantong plastik steril. bisa antar ke pembeli, untuk plek paru paru,diabeth,maag kronis,ostoporosis dll

    Komentar oleh budi sb | Januari 27, 2009 | Balas

  14. beli saja di ciledug mencong bisa dianter ko phon 9833 0543\952 50333 dewi

    Komentar oleh budi sb | Januari 27, 2009 | Balas

  15. untuk agen harga khusus murah banget dari yg laen

    Komentar oleh budi sb | Januari 27, 2009 | Balas

  16. wahai vreind-vreind ku lo memang butuh susu kambing dan mungkin mau jalin kerja sama mungkin bisa menghubungi my number coll 081703816843

    Komentar oleh kuryanto | Februari 3, 2009 | Balas

  17. SUSU KAMBING BELI DI PETERNAKANNYA SAYA CUMA 15.000,
    HUB. 085719007933.AVIN.

    Komentar oleh avin | Februari 22, 2009 | Balas

    • jenis kambing yang bisa diperah susunya, jenis apa aja? apa harus jenis tertentu? kalau jenis khusus, dimana belinya, mas?

      Komentar oleh elis | April 6, 2010 | Balas

    • per liter? di daerah mana nih perternakannya? bisa dikirim ke pasar minggu?

      Komentar oleh robot | Juli 13, 2010 | Balas

  18. anda butuh butuh kambing untuk peternakan anda taua anda seorang pebisnis dibidang peternakan butuh sapi dn kambing hub saya stok tersedia

    Komentar oleh zulfikar | Februari 25, 2009 | Balas

  19. anda butuh butuh kambing untuk peternakan anda taua anda seorang pebisnis dibidang peternakan butuh sapi dn kambing hub saya stok tersedia zulfikar 081363206708

    Komentar oleh zulfikar | Februari 25, 2009 | Balas

  20. Alhamdulillah…..
    akhirnya ada juga artikel ini
    mdh2n dpt jd obat bwt hepatitis saya
    mksh yo mas

    Komentar oleh Andy mulyawan | April 9, 2009 | Balas

    • Mas, gmn hepatitisnya? sy jg lg mo nyoba buat suami saya yg lg sakit hepatitis B Kronik, Sharing2 ya…

      Komentar oleh Icha | Juli 24, 2009 | Balas

  21. memang bagus susu kambing ni byk khasiatnya.

    Komentar oleh hisham | April 21, 2009 | Balas

  22. yang butuh susu segar kambing PE hubungi 0817263334 area jogjakarta

    Komentar oleh Abi Moedji | Juni 24, 2009 | Balas

  23. Sekarang sudah ada yang berbentuk tablet, klu perlu hubungi : Maria 08128047576 / 02518242608.
    1 gelas susu cair berbanding 5 s/d 10 tablet
    lebih tahan lama, mudah dibawa ke mana saja dan mudah di konsumsi.

    Komentar oleh Wihardja | Juni 28, 2009 | Balas

  24. secara klinis apakah sudah pernah ada penelitian tentang susu kambing dari lembaga internasional?

    Komentar oleh sexy wallpaper | Juli 6, 2009 | Balas

  25. apakah susu kambing juga bisa mempertinggi ukuran badan? cOz saya pengen buAnget tinggi badan bertambah tinggi secara maksimal. tinggi badan saya 160 dan target saya sekitar 170 cukUp dEch kayAknya.. utuk mEmbuat peNampilan tambah PD.

    di usia SAYA saat ini 20 tahun, apa bisa susu sapi mewujudkan iimpian saya untuk memiliki badan yang tinggi?

    ansWer my questiOn,please…..rigHt noW…

    Komentar oleh fitria rani Indramayu | Juli 19, 2009 | Balas

  26. Kakak saya di luwuk banggai, Sulawesi…apakah ada suplai susu kambing. Karena sekarang ini putranya sedang cenderung autis.mohon infomya. apakah susu kambing segar bisa dikirim lewat tiki? berapa lama bisa bertahan? terima kasih banyak.

    Komentar oleh debby | Agustus 27, 2009 | Balas

  27. Apakah susu kambing berkhasiat untul orang yg terkena leukimia??adik saya terkena leukimia..mohin tanggapanya mas..terima ksih..

    Komentar oleh rendry | Oktober 15, 2009 | Balas

  28. Apa ada yang jual dan kirim susu kambing ke Klaten. Anak saya sedang berobat di Arogya Mitra Akupuntur dan sangat butuh susu kambing untuk dibuat yogurt. Terima kasih.

    Komentar oleh Lina | November 9, 2009 | Balas

  29. ternyata susu kambing itu banyak manfaatnya ya…
    alhamdulillah pengetahuan saya bertambah.
    namun ada pertanyaan yg sampai sekarang masih terpikirkan,mengapa orang yang darah tinggi tidak boleh memakan daging kambing dan berdasarkan informasi yg saya dapatkan bahkan jika pada orang darah tinggi memakan daging kambing dalam jumlah banyak dapat saja pembuluh darahnya pecah padalah berdasarkan artikel di atas kadar lemak dan kolesterol daginbg kambing tidak begitu besar atau hampir sama dengan daging lainnya.Mohon dijawab ya??

    Komentar oleh Nia Andriani | November 19, 2009 | Balas

  30. [...] disadur dari Triatmojo blog [...]

    Ping balik oleh Apa Khasiat Susu dan Daging Kambing « all about goat milk | November 20, 2009 | Balas

  31. salam, di malaysia kini terdapat susu kambing dlm bentuk serbuk dan tablet.juga ada pelbagai produk dr susu kambing.jika berminat boleh email saya di ummieshara@yahoo.com

    Komentar oleh bashara | Desember 8, 2009 | Balas

  32. ass..
    1. apakah susu kambing yg dibuat menjadi bubuk atau tablet tidak mempengaruhi khasiat susu tersebut,
    2. saya berdomisili di pekanbaru.dmana sy bisa mendapatkan susu kambing.
    trims,,

    Komentar oleh dewi | Desember 18, 2009 | Balas

  33. makasih infonya bos..

    Komentar oleh erlangga | Januari 10, 2010 | Balas

  34. sedemikian hebat manfaat susu kambing, saya jadi ingin berbagi maanfaatnya dengan menternakkannya di dusun saya, sehingga biarpun orangtuanya terbatas secara ekonomi, tapi anak-anaknya jadi cerdas otaknya berkas suplai susu kambing

    Komentar oleh elis | April 6, 2010 | Balas

  35. pengetahuan tambahan lagi utk saya, terima kasih utk postingnya …

    Komentar oleh susu kambing | April 15, 2010 | Balas

  36. assalamu’alaikum
    jika saudara2 ada yang membutuh kan susu kambing murni dan halal bisa kontak saya di 08888152625 atau 021 50552625 atau 085921185571 untuk daerah jakarta selatan dan tangerang selatan 1 liter pun kami anter

    Komentar oleh Kamal | Juni 29, 2010 | Balas

  37. nice posting…

    Komentar oleh nda | Juli 13, 2010 | Balas

  38. nice posting.
    ijin share artikel ini yah :)

    thanks

    http://www.herbalajaib.wordpress.com

    Komentar oleh herbalajaib | Juli 28, 2010 | Balas

  39. bagus

    Komentar oleh exxamute | Juli 29, 2010 | Balas

  40. ass,,
    1.apakah susu kmbing mmpnyai protein yg tinggi dan baik untuk pembentukan otot?
    2.sya berdomisili d salatiga,dmana sya mendapatkn susu kmbing?

    Komentar oleh edy | September 1, 2010 | Balas

  41. Saya tinggal di Jonggol dan tertarik utk memasarkan disekitar wilayah Cileungsi, Gunung Putri dan Citeureup. kebetulan saya juga pernah tahu ada peternakan susu kambing di Jonggol, kalo saya ingin tahu lebih lanjut mengenai susu kambing dan pengelolaannya, kira2 bisa kan saya langsung ke peternakan tsb ?

    Komentar oleh Taufik | September 15, 2010 | Balas

  42. salam , bagi warga riau yg membutuhkan susu kambing dapat menghubungi peternakankambingumbansari – rumbai – pekanbaru . 081276699888 . terima kasih

    Komentar oleh imran | September 27, 2010 | Balas

  43. Silakan kunjungi blog di wisnuvegetarianorganic.wordpress.com/

    Komentar oleh Jomblo Abadi | November 15, 2010 | Balas

  44. semua yang berlebihan memang gak baik

    Komentar oleh dewii08 | November 26, 2010 | Balas

  45. wah, padahal sus kambing itu ternyata tidak kalah dengan susu sapi, tapi memang beberapa masyarakat masih menabukan susu kambing, mungkin karena belum ada iklan nya di televisi (semua iklan susu sapi) :)

    Komentar oleh fauzia ningsih | November 27, 2010 | Balas

  46. artikel yang sangat berguna.

    Komentar oleh Sepeda Gunung | Maret 24, 2011 | Balas

  47. terimaksih infonya..
    dilihat dari kandungan nutrisi dan khasiatnya susu kambing merupakan bahan pangan yang sangat bagus yaa..
    tapi apa benar susu kambing mampu meningkatkan gairah sex??
    tolong dong berikan komentar..
    saya perlu untuk menjawab tugas kuliah..

    Komentar oleh maydasari | Maret 30, 2011 | Balas

    • ya benar….

      Komentar oleh zahrah | Juni 6, 2011 | Balas

  48. saya agen tunggal susu bubuk kambing wilayah sumatera selatan (0852 672 77 342)berdasarkan testimoni konsumen,
    memang bisa meningkatkan gairah sex khususnya untuk meningkatkan keharmonisan suami istri, tapi g ngaruh untuk anak2, kalo untuk anak pengaruhnya ke dayatahan tubuh meningkat, ga mudah sakit, tidur lebih nyenyak, dan aktivitas sehari-hari lebih ceria.

    Komentar oleh zahrah | Juni 6, 2011 | Balas

  49. ternyata Allah sudah menyediakan semua untuk kebutuhan umatnya justeru tidak jauh dari dirinya. Allahu akbar

    Komentar oleh mustofa | Juni 18, 2011 | Balas

  50. Susu kambing banyak maafaat dam khasiat ya.

    Komentar oleh Mana | Oktober 19, 2011 | Balas

  51. Saya sebagai anggota Himpunan Peternak Domba dan Kambing Inonesia (HPDKI) sangat bangga dengan adanya tulisan ini. Ada baiknya tulisan seperti ini juga dipublikasikan di media masa cetak (koran-koran) yang banyak dibaca oleh masyarakat umum. Saat ini masih banyak ketakutan masyarakat untuk mengkonsumsi produk bahan makanan yang berasal dari kambing. Salam

    Komentar oleh ismethinounu | April 12, 2012 | Balas

  52. betul ke yahudi hanya minum susu kambing kerana khasiatnya

    Komentar oleh yuyino | Juni 19, 2012 | Balas

  53. I do not know if it’s just me or if everyone else experiencing issues with your blog. It looks like some of the text in your posts are running off the screen. Can someone else please comment and let me know if this is happening to them as well? This might be a problem with my browser because I’ve had this happen previously.
    Thank you

    Komentar oleh cheap hotel book | Desember 18, 2012 | Balas

  54. I constantly spent my half an hour to read this weblog’s content all the time along with a mug of coffee.

    Komentar oleh Antonia | Januari 14, 2013 | Balas

  55. mari kita cerdaskan bangsa dengan banyak mengkonsumsi susu kambing etawa… cheers

    Komentar oleh nugie | Oktober 10, 2013 | Balas

  56. banyak banget manfaat susu kambing, kalau ada yang mau coba merasakan manfaat susu kambing bubuk silakan,,, hub kami

    Komentar oleh gunawan agung | Februari 5, 2014 | Balas

  57. http://www.ptsmu.com/p/blog-page.html

    Komentar oleh gunawan agung | Februari 5, 2014 | Balas


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 42 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: