Yunianto Tri Atmojo

Let\’s change for the better future!

Merawat Baterai Laptop

, Notebook kini kerap menjadi piranti pilihan banyak orang untuk membantu berbagai aktifitas sehari-hari. Meskipun demikian, ternyata tak semua pemilik ataupun pengguna notebook tahu bagaimana memperlakukan notebook dan baterainya dengan baik dan benar.

Komisi Keamanan Produk Konsumer Amerika telah mencatat setidaknya tak kurang dari 47 kasus notebook yang berasap atau terbakar, sejak Januari 2001 hingga Agustus 2006. Demikian seperti dikutip detikINET dari InfoZine, Minggu (1/10/2006) :

Berikut ini beberapa tips yang diramu dari lansiran komisi tersebut:

- Jangan gunakan baterai dan charger notebook yang tidak kompatibel. Jika tidak yakin dengan kompatibilitas baterai pengganti ataupun charger yang digunakan, hubungi bagian layanan dari produsen notebook terkait.

- Baterai notebook dapat menjadi panas dalam pemakaian normal sekalipun. Jangan gunakan notebook sambil diletakkan di pangkuan Anda.

- Ketika menggunakan notebook, hindari meletakkan notebook pada permukaan yang lunak / lembut, semisal pada sofa, tempat tidur atau karpet. Sebab permukaan seperti itu akan menghambat aliran udara di bagian bawah notebook dan dapat menimbulkan overheating.

- Cegah terjadinya kontak pada dudukan baterai yang longgar dengan berbagai jenis obyek terbuat dari metal, seperti penjepit kertas, koin tipis, dan sebagainya.

- Baterai notebook, termasuk notebook itu sendiri tentunya, jangan sampai terjadi tekanan yang berlebihan yang diakibatkan karena terjatuh, terbentur, terhimpit ataupun tertumpuk oleh benda berat di atasnya. Hal tersebut akan mengakibatkan sirkuit di dalam baterai menjadi rentan terjadi hubungan arus pendek (korslet) yang kemudian mengakibatkan overheating.

- Jangan letakkan notebook di aera yang dapat menjadi sangat panas, semisal di bawah terik matahari ataupun di dalam mobil yang diparkir cukup lama di tempat terbuka saat siang hari.

- Menjadi basah atau terkena air, adalah hal yang harus dihindari dari notebook ataupun baterainya. Meskipun nantinya akan mengering dan dapat berfungsi normal, sirkuit di dalam notebook ataupun baterai secara perlahan akan berkarat dan membuat rentan keselamatan penggunanya.

- Pastikan Anda memahami cara menggunakan, menyimpan dan men-charge baterai dan notebook yang telah tertulis di dalam buku manual.

Desember 22, 2006 - Posted by | Tips and Tricks

71 Komentar »

  1. Kebetulan saya sedang bermasalah dengan laptop saya.
    Tipe laptop saya Compaq Presario 2500 series, saat ini baterainya rasanya drop.Dalam pemakaian normal saya selalu menancapkan Ac adapter ketika di kamar,ketika shut down saya biasanya tidak mencabut kabel AC.
    Setelah kurang lebih 2tahunan,apabila saya menyalakan laptop saya maka tenaga yg dipakai bukan dari AC adaptor tapi dari batere,padahal kabel adaptor sdh ditancapkan.anehnya ketika laptop saya matikan,batere bisa digunakan u ntuk mengecas.nah karena pada saat ON menggunakan batere saya hanya bisa menggunakan dalam waktu singkat saja.baiasanya kondisi batere full 100% bisa bertahan 1jam lebih,skrg hanya bisa paling2 10 menit.
    Yang ingin saya tanyakan:
    1.Apakah masalah saya disebabkan oleh batere atau adaptornya yang rusak sehingga tidak bisa cas pada waktu ON?
    2.Bila harus mengganti batere bung triatmojo tau gak brp hrgnya kira2?
    3.Kiranya bagaimana merawat batere agar lbh awet?tmn saya menyarankan,setelah batere full,chrger dicabut,kalau dipake lagi baru tancepin,Benarkah?
    Terima kasih atas jawabannya bung triatmojo…

    Komentar oleh Jemmy Kandarani | Desember 26, 2006 | Balas

  2. thanks ya tips n triksnya.. sangat bermanfaat sekali utk sy. kebetulan di outlet kami ada mading dimana berisi ttg tips n triks jg.

    Komentar oleh dyah | Mei 18, 2007 | Balas

  3. Ada mitos yang menyatakan bahwa saat menyambungkan laptop dengan Ac power, jangan sampai baterai dipasang, karena akan memperpendek umur baterai. Apa iu benar? tolong beri alasan secara ilmiah. Apakah itu cuma perkiraan atau sudah ada percobaan yang menyatakan itu.

    Komentar oleh Antoni | September 8, 2007 | Balas

  4. Saya juga menanyakan hal yang sama yang menjadi pertanyaan sdr Antoni. Kemudian bagaimana solusinya? Apakah kalau memakai baterai sambil di hubungkan dengan AC power memang merusak baterai? Ada yang tahu kebenarannya mohon menshare dengan kami.

    Komentar oleh Thomas | November 2, 2007 | Balas

    • hahahaha

      Komentar oleh july | Juli 11, 2010 | Balas

  5. emang klo merknya beda cara merawat baterenya jg beda & apa klo lagi nge charge laptop harus dimatiin& apa baiknya batere dilepas (saat make laptop ) aja saat ada aliran listrik yang bisa diandalkan ( g naik turun tegangannya ) ?? nuhun mas

    Komentar oleh mahendra | Desember 13, 2007 | Balas

  6. kebetulan laptop saya bermasalah jadi baru malam saya pakai pagi saya mau pakai laptop sempat nyala sampai tulisan toshiba dilayar kemudian drop disusul lampu listrik yg biasa kalau nyolokin adaptor menyala itu kedap-kedip orange ada yang tahu ga yach masalahnya apa. thank

    Komentar oleh yasin | Desember 23, 2007 | Balas

  7. Makasih infonya.

    Komentar oleh ihda | Februari 23, 2008 | Balas

  8. menurut saya penggunaan laptop jika di rumah lebih baik baterai dilpas, gunakan Ac power, untuk menghindari turun dan naiknya tegangan gunakan stabilizer.
    jangan gunakan leptop berbarengan dengan mengcas.
    usahakan saat mengecas laptop benar-benar keadaan kosong.

    Komentar oleh riezno | Maret 27, 2008 | Balas

    • bener tuh kata aa riezno.
      kalo kata ogut, kalo langsung dari ac power, ibaratnya laptop kita langsung pake listrik mentah, jadi kalo kayak gitu ampe betaun2 bisa2 harddisk kita yang bklan kena.

      baiknya laptop dipasang batere aja. dipake kalo penuh, dicharge kalo uda kosong, tapi laptop jgn smbil dipake, standby aja.

      kalo batere mau dicopot hendaknya dilakukan jarang2 aja. jangan sering2
      thx b4

      Komentar oleh scooterkid | Januari 24, 2010 | Balas

  9. aq mo nanya nih.. apa bisa kalau laptop di cas tanpa baterai yang dipasang pada laptop

    Komentar oleh agus | April 8, 2008 | Balas

  10. hmm…
    problem saya sama hmpir sama tuH ma y9 comment no.1
    jemmy…
    dulu batere laptop srn9 di lepas,,jd laptopnya tuh lan9sun9 di colok ajah,,,(9a pake batere)…
    skr9 seh dah 9a pernah l9i…tapi koq baterenya cepet bnr low..palin92 5 menit doank abis tuh low la9i…
    ksh tw donk…solusinya dan penyebabnya apa yak,,,?
    trimz san9adh…

    Komentar oleh nuRi | Mei 4, 2008 | Balas

  11. saya pemakai laptop sony, yang pengen saya tanyain, untuk memperpanjang umur laptop dan komponen lainnya semisal batere tuh gimana seeh? soalnya saya dapet saran yg beda-beda.thanks sarannya

    Komentar oleh astina | Juni 11, 2008 | Balas

  12. apa emang sebaikny klo mo pake laptop d rumah trus pakai daya dari Listrik hrs cabt batre, apa gk berabe misalnya lg asik – asik mati lampu trus pyar laptop mati pdhl lg ngedit gmb misalny, pdhl gk ada UPS dirumah, n rmh sy srg mati lampu
    mohon pencerahannya

    Komentar oleh orangtangkas9 | Juni 11, 2008 | Balas

  13. apakah ada dampak yang ditimbulkan ketika saya melepas baterai laptop saya pada saat menggunakan laptop tersebut yang dialiri langsung oleh arus dari cas laptop.

    Komentar oleh kheken | Juni 16, 2008 | Balas

  14. Kira-kira cell battery bisa diganti gak ya ?

    Komentar oleh Hedwig™ | Juni 17, 2008 | Balas

  15. Tolong donk mas tips2nya untuk ngerawat batrei yg benar
    klo di cas yg baek itu leptop mati apa hidup.
    Thanx b4

    Komentar oleh Fandy | Juni 20, 2008 | Balas

  16. Hai,sy mw ksi masukan,,kyax kalu mw awet batere ya lepas aja deh,biar powerx dr listrik lgsng,,kya kita pux dua pensil,pensil A dan B,,kalu yg A mw awet,pake ja yg B,,btul ga bang Atmo?

    Komentar oleh Lala_hockey | September 7, 2008 | Balas

  17. Sy mo nanya klo ngecharger laptop apa baterai hrs d cabut apa g sih?Trus dlm keadaan latpop on/off mhn d jelaskan gmn sebaiknya agar baterai laptop awet. Cara merawat laptop yg baik. Kirim k Email:ranmasiv@gmail.com

    Komentar oleh reni | Oktober 6, 2008 | Balas

  18. kt sohib gw anak it binus, laptop jaman skrg dah punya kemampuan klo batre dah full lgnsung gak ngecas lg n lgnsng ke laptop…..

    Komentar oleh ridho | Oktober 31, 2008 | Balas

  19. 1.laptop saya sewaktu saya gunakan kenapa tiba2 mau berkedip,apa masalah dengan laptop saya..???

    2.sewaktu saya mau menghidupkan laptop di awal kenapa layarnya putih dan bergaris2,apa ada gangguan dengan LCDnya atau apa antisipasi yang dapat saya lakukan ya…???

    Komentar oleh tary | November 13, 2008 | Balas

  20. Waw,nice info Bang!

    Komentar oleh BlogHolic | Desember 2, 2008 | Balas

  21. mas kyknya pertanyaan saya sm yg laen ttg gmn caranya biar battry laptop ttp awet, kalo dah drop bs dibenerin gak sih?

    Komentar oleh ipul | Desember 24, 2008 | Balas

  22. mau tanya nech, bener gak kalau lagi pake laptop, selama masih bisa pake listrik, lebih baik baterai dicabut pada saat kita kerja, karena katanya akan memperpanjang umu r baterai

    Komentar oleh andy lasmana | Januari 14, 2009 | Balas

  23. boleh ngk jika saya menaruh link ke situs Anda di blog saya ??

    Komentar oleh existsman | Januari 26, 2009 | Balas

  24. Kebetulan saya sedang bermasalah dengan laptop saya.
    Tipe laptop saya sony vaio, saat ini baterainya rasanya drop.Dalam pemakaian normal saya selalu menancapkan Ac adapter ketika di kamar,ketika shut down saya biasanya tidak mencabut kabel AC.
    Setelah kurang lebih 2tahunan,apabila saya menyalakan laptop saya maka tenaga yg dipakai bukan dari AC adaptor tapi dari batere,padahal kabel adaptor sdh ditancapkan.anehnya ketika laptop saya matikan,batere bisa digunakan u ntuk mengecas.nah karena pada saat ON menggunakan batere saya hanya bisa menggunakan dalam waktu singkat saja.baiasanya kondisi batere full 100% bisa bertahan 1jam lebih,skrg hanya bisa paling2 10 menit.
    Yang ingin saya tanyakan:
    1.Apakah masalah saya disebabkan oleh batere atau adaptornya yang rusak sehingga tidak bisa cas pada waktu ON?
    2.Bila harus mengganti batere bung triatmojo tau gak brp hrgnya kira2?
    3.Kiranya bagaimana merawat batere agar lbh awet?tmn saya menyarankan,setelah batere full,chrger dicabut,kalau dipake lagi baru tancepin,Benarkah?

    4. apakah bisa batre di non aktifkan ketika pake listrik, dan batre aktif ketika mati lampu saja.. gmana caranya..?
    Terima kasih atas jawabannya bung

    Komentar oleh narong | Februari 16, 2009 | Balas

  25. saya memiliki laptop acer travelmate 3280.laptop itu sa beli bekas.
    kira2 sudah ada sekitar 2 tahunan, masalah mulai timbul.
    kebetulan saya adalah orang yang awam akan penyakit laptop.
    penyakit laptopsaya adalah:
    1. batre yang di gunakan hanya mampu memback up sekitar 15 menit sehabis itu langsung mati.

    2. apa bila di gunakan sambil di isi, laptop dapat di gunakan seperti biasa.tetapi masalahnya adalah panas yang di timbulkan laptop tersebut menyebabkan laptop mati dg sendirinya.padahal kipas atau fan internalnya berputar normal dan saya masih menggunakan fan external pula dengan 3 fan.

    3 bagai mana caranya saya mengatasi hal ini mengingat garansi dari penjual sudah habis.
    mohon bantuan dan pencerahaannya

    Komentar oleh martien | Februari 28, 2009 | Balas

  26. […] khusus atau tips baterai agar lebih awet dan bahkan tidak membahayakan si pengguna. Dalam blognya mas Tri memaparkan mengenai kasus terbakarnya atau kecelakaan  lain yang disebabkan oleh baterai.  Dan […]

    Ping balik oleh Baterai Laptop 1 – Tips Baterai agar aman dipakai | KANADAKURNIAWAN.COM | Maret 22, 2009 | Balas

  27. ih bingung,,yang bener yang mana sh ktanya pake laptop sambil ngecas bikin drop, tapi ada yang bilang sistemnya berbeda klo batere dah full aliran listik pndah kelaptop krna pnya sistem yg beda.???
    tapi temen aku ada tuh yang udah make laptop selama 1 thn n baterenya cman kuat 20 menit trus kabel adaptor ga bisa digunakan tp baterenya aja yg bisa digunain sama seperti keluhan narong diatas gara2nya itu suka dipake sambil ngecas..

    hayo pakar laptop yang asli unjuk gigi eh..bicara

    Komentar oleh nisa | April 21, 2009 | Balas

  28. Kalau menurut aku bila pingin batery awet pada saat ac adaptor dicolokkan ke listrik sebaiknya baterynya dilepas aja karena bila dicolokkan, ac adapter akan mengisi batery secara terus2an yang berakibat batery over load sehingga mempengaruhi usia baterynya, dan bila mau ngecas batery sebaiknya laptop dimatikan nanti kan ada indikatornya bila sudah penuh akan berwarna hijau saat itulah pengisian selesai,kita harus bisa memperkirakan berapa lama kita menggunakan laptop bila sebentar cukup pake batery aja dan bila agak lama baru pake ac adaptor tp jangan lupa baterynya dicabut,dijamin deh bila caranya spt itu baterynya akan awet,oke? Matur suwun……

    Komentar oleh Kang Slamet | Mei 21, 2009 | Balas

  29. Wah Makasih banyak buat infonya mas,

    Komentar oleh aca | Mei 29, 2009 | Balas

  30. saya sangat suka dengan tips2 diatas.. karena sangat bermamfaat sekali bagi saya..
    klo ada informasi yang baru.. tolong kasi tau saya..

    Komentar oleh F3121 | Juni 3, 2009 | Balas

  31. When to connect to external AC power

    1. When you are charging or calibrating a battery

    2. When you are installing or modifying system software

    3. When you are writing information to a CD or DVD

    taken from ‘windows help and support’

    semoga membantu

    Komentar oleh jF | Juni 17, 2009 | Balas

  32. laptop saya tidak mau nyala padahal baterai saya penuh,tapi kalau sudah menyala ketika kabel adaptornya dicabut baterainya masih tetap tahan lama seperti biasanya,kenapa ya apa ada masalah dengan hardware laptop saya atau baterai saya,mohon di add ya, thanks

    Komentar oleh jaka | Juni 20, 2009 | Balas

  33. ada tips gak yg harus dilakuain agar baterai nya tidak sOAK ??

    Komentar oleh Lya | Juli 11, 2009 | Balas

  34. mas klo nyalain laptop langsung dari chargeran (tanpa batre) mang ga da masalah sama laptop nya ya????
    kan bisa aja tegangan listrik di rumah naek turun,,,takutnya ngerusak komponen dalem nya niee…
    baik nya gimana yah ….???
    bls ke email saya ya…. chandra89ok@gmail.com

    Komentar oleh when when | Juli 15, 2009 | Balas

  35. laptop saya benQ s23., stlh 2 jam pemakaian langsung mendadak mati, pdhl btrenya msh penuh., knp y?

    Komentar oleh jery | Agustus 16, 2009 | Balas

  36. Hai semua…
    saya punya laptop acer 4520 baru setahun gak bisa on lagi tuh
    tombol power di tekan cuma nyala 1 detik trus ilang …
    knapa yaa.. ? tolong yang tau kasih info thank’s…

    Komentar oleh mitra | September 25, 2009 | Balas

    • Sekedar info. Dulu saya juga punya acer 4520 dan punya kasus yg sama seperti anda.
      pemakaian nya juga kurang lebih 1 thn. Saya coba memperbaiki ke acer point. Ternyata di klaim motherboardnya rusak.akhirnya bisa diperbaiki dengan metode kanibal (tukar + motherboard)
      Langsung setelah bisa saya jual tuh Acer. memang ternyata kasus pada 4520 memang sering seperti ini. Sekarang saya trouma klo pake Acer = Asli Cepat Rusak

      Komentar oleh snickersmx | Desember 20, 2009 | Balas

  37. malam mas tri,
    saya mau tanya dan sekalian sarannya klo berkenan..?
    saya baru membeli laptop Asus seri F8, pas di cas baterai tidak mau mengisi(dalam kondisi laptop mati ataupun hidup) saya bawa ke Asus Center, d sana baterai saya divonis sudah drop lalu d ganti dengan baterai baru. saya coba cas kembali (dalam kondisi laptop mati ataupun hidup) ternyata sama saja tidak mau mengisi, lalu saya coba numpang ngecas d laptop Asus seri A8 dengan menggunakan baterai dan charger saya (seri F8), ternyata baterai mau mengisi (dalam kondisi laptop mati ataupun hidup). berarti ada masalah dengan laptop saya bukan baterai……
    mohon sarannya dari mas Tri…..
    terima kasih

    Komentar oleh Hendri P | November 7, 2009 | Balas

  38. THX SARAN.A,Klau pu.a yg bru krm k email q ea

    Komentar oleh VINO | November 18, 2009 | Balas

  39. good…good….good

    Komentar oleh hermansuryantoadaapahariini | Desember 5, 2009 | Balas

  40. Gw pake laptop BenQ S60 joybook. Skitar kurang lebih 1 tahun umurny, pas gw ngecas laptop w, kok lampo indikator charger gw malah kelap kelip? Pas gw cabut dari laptopnya ,malah nyala terang… Yang bermasalah ini laptop gw apa charger gw ya?? Pliss bantu anyone?

    Komentar oleh mahardy | Desember 7, 2009 | Balas

  41. Aqu ada Laptop HP Compaq seri 6910p, tapi udah hampir setahun adaptornya rusak boleh enggak nunjukin cara servisnya and boleh nunjukin tempat jualannya soalnya gue jauh dari jakarta ni tepatnya gue ada di Ternate ad disini enggak lengkap

    Komentar oleh Budystira M. Tofan | Januari 19, 2010 | Balas

    • jauh bangetnget itu mah .
      coba cari di kaskus, ato amazon.com

      Komentar oleh scooterkid | Januari 24, 2010 | Balas

  42. Aku punya masalah dengan laptop Acer aspire 4935, batere tidak mau cas jika laptop dalam keadaan hidup,tapi jika laptop tidak Hidup ( system shutdown) batere bisa di cas.
    Kira2 apa ya masalahnya ?

    Untuk Yang tau Masalah ini tolong kirim jawabannya di email : hendra_winarto1985@yahoo.com

    Komentar oleh Hendra | Februari 13, 2010 | Balas

  43. Saya baru menggunakan compaq cq40 717tu. Ada yg tau gak kira2 daya tahan baterainya yang normal brp jam ya?

    terima kasih

    Komentar oleh bowo | Maret 3, 2010 | Balas

  44. sebenarnya mau di perlakukan seperti apa juga, kalau baterai pasti ada proses aging – penuaan, sebaik apapun kita perlakukan baterai tersebut, dalam 2 tahun performa pasti menurun.. tips-tips diatas memang sangat bagus untuk memaksimalkan performa baterai,, namun sebaiknya kita lebih care terhadap kondisi baterai kita saat ini, karena baterai yang tidak baik akan menyebabkan kerusakan dimana-mana, terlebih mungkin HDD..
    bila anda merasa baterai perlu diganti bisa klik disini koleksi baterai kami cukup lengkap..

    Komentar oleh acceph | Maret 17, 2010 | Balas

  45. lapieku compaq presario cq40, ada masalah pada batreku klu dicharge tidak bisa penuh trus lampu indikatornya berkedip-kedip, apa masalahnya pada batre ato adaptornya. trus jangka waktu pemakaiannya makin sedikit, trus aku coba pake software batery bar, disana ditunjukkan baterai terpakai 55%, apa itu artinya kemampuan penyimpanan bateraiku tinggal 45%? klu bisa dibalas via email

    Komentar oleh maswirajaya | April 28, 2010 | Balas

  46. Agar usia pemakaian batere Laptop lebih lama, batere harus di recycle, caranya batere digunakan tanpa adaptor di konek ke arus PLN, alarm di set pada level tersendah biarkan batere samapai habis dengan sendirinya, proses ini diulangi setiap 2 bulan.

    Komentar oleh aksesoris4sale | Mei 8, 2010 | Balas

  47. mau nanya, kalo batry leptop udah di cas tapi g full padahal udah lebih dari 3 jam. itu kenapa ya????
    mohon penjelasan dan solusinya, makasih.

    Komentar oleh annis | Juni 1, 2010 | Balas

  48. mas saya punya laptop acer 4935 nih masalahnya klo misalnya pke batere tuh normal cuma klo saya menyalakan laptop tanpa menggunakan batere(langsung dari listrik) dia hanya berkedip kemudian mati lagi dan selalu begitu tolong solusinya…

    Komentar oleh panjul | Juni 7, 2010 | Balas

  49. thanks for sharing :) nice post

    Komentar oleh yohan | Juni 13, 2010 | Balas

  50. mas saya punya laptop acer 4935 masalahnya di saat laptopnya lagi on tapi g bisa ngecas tp di saat off baru laptopnya bisa ngecas, dan di saat batere nya di lepas g bisa menyala cuma berkedip lalu mati selalu seperti itu…. tolong solusinya ya mas… thanks

    Komentar oleh dicky | Juli 5, 2010 | Balas

  51. mas kenapa laptop saya saat digunakan sambil di cas kok mati, kenapa mas tolong solusinya. . . .! tolong kirim ke slave_hartono@yahoo.co.id Makasih untuk jawabannya.

    Komentar oleh nene | Juli 16, 2010 | Balas

  52. numpang tanya… notebook saya baru ja mengalami masalah, keluar asap dan berbau terbakar didalam. kira2 apa yang rusak yah? korsleting ato rusak apa ?

    Komentar oleh cecep | Juli 19, 2010 | Balas

  53. ada yang berpendapat bahwa pada saat memainkan laptop sebaiknya batrai dilepas kemudian adaptor dihubungkan ke laptop dan dihubungkan ke listrik.

    dan ada juga yang berpendapat bahwa saat memainkan laptop sebaiknya baterai tetap dipasang dan adaptor juga dipasang ke laptop dan ke listrik.

    mana dari dua cara di atas yang lebih dapat menjaga baterai tetap awet????

    tolong dijawab ya!!!!

    saya tunggu di email saya….

    Komentar oleh andi | Juli 30, 2010 | Balas

  54. terimakasih infonya, semoga batere laptop ku bs awet, hehe

    Komentar oleh eko | Agustus 12, 2010 | Balas

  55. mantap bener artikelnya, makasih

    Komentar oleh rental komputer | Agustus 15, 2010 | Balas

  56. Laptop jaman skg uda canggih !
    masalah ngecharge smbiL laptop menyala itu mah ga masalah !’kuno yg blgitu ga boLeh !!
    laptop skg uda bisa mutusin arus listrik secara otomatis saat batre uda terisi penuh…
    walau anda2 menyalakan laptop seharian smbil ngecharge…

    batrai tetap awet ! stelah pemakaian 2 tahunan batre laptop saya masi tahan 2-3 jam !!

    Komentar oleh rantave | November 21, 2010 | Balas

  57. BANTU GAN..
    laptopq COMPAQ CQ40-416AU, saat di turnON, fan cuma muter bentar (sqtr 5detik), LCD gak nyala ma sX, lampu HDD n processor gak nyala ma sX sjak d turnON, lampu capslock n indikator status laptop kdap kdip. ditunggu brp lama aja jg ttp kyk gt. klu kondisina kyk gtu, apana ya yg rusak, n hrus gmn ya bækna?
    thx buat comment2na..

    Komentar oleh dios | Desember 2, 2010 | Balas

  58. thank info perawatan batrei laptopnya,mau
    nanya .. bila standart batrei yang bagus,berapa
    lama masa aitif batrei tersebut jika kita
    menggunakan laptop untuk ngenetan,laptop
    saya baru,kok buat ngenet cuma 3,5 jam ya,apa
    itu boros?

    Komentar oleh goldenwap | Februari 1, 2011 | Balas

  59. maap saya akan bertanya,, kenapa laptop saya tidak bisa di cas, padahal laptop tersebut masih 1 th. merek laptop saya yaitu compaq cq40.
    saya mohon penjelasannya, sebelum nya saya ucapkan makasi :-)

    Komentar oleh rini ahresia | Februari 25, 2011 | Balas

  60. Mas aq pake notebook acer, ni kenapa ya klo dicarge oq gk bisa penuh2…..padahal barunya gk begini apa ada yg salah dgn penggunaan saya? klo pake notebook saya sambil dicarge pa itu pengaruhnya yach

    Komentar oleh Agoes P | Maret 29, 2011 | Balas

  61. berapa lama waktu yang diperlukan / jam untuk mengecas baterai agar penuh! dan tidak berlebihan karena baterai laptop saya mulai drop , cuma tahan 2-3 jam aja!
    dan saya terpaksa mengecas laptop tiap hari dan apakah hal itu tidak mengganggu kerja sistem laptop saya! mohon sarannya ya semuanya makasi…

    Komentar oleh ricky alfiandri | April 16, 2011 | Balas

  62. mas mau nanya laptop saya sering di nyalakan sampai 12 jam itu sebaiknya batrainya di lepas aja apa tetep di pasang?????

    Komentar oleh amad | Mei 1, 2011 | Balas

  63. Salam kenal Mas Tri..
    Saya ingin bertanya, saya sedang mengecas netbook dalam keadaan mati. Bagaimana tandanya bahwa baterai tersebut telah terisi penuh? Terima kasih ^,^

    Komentar oleh Heri | Juli 16, 2011 | Balas

  64. mas mau tanya,ini saran dari seorang teman kalo mau batrai awet ketika pemakaian notebook lama misal 5jam suruh batrainya di lepas,jadi langsung pakai pemakaian arus listrik langsung tanpa ada back up dari batrai..,yg mau saya tanyakan apakah itu benar n apa gak membuat notebook bermasalah..??

    Komentar oleh Aptiva D'momud | Oktober 10, 2011 | Balas

  65. oh jadi gitu caranya.,
    thanks gan infonya.,

    Komentar oleh Imam Sutono | Agustus 28, 2014 | Balas

  66. gan ane Asus X201E nah itu kan dari tadi masih normal2 aja tapi ya charger nya sering banget jatuh. terus tadi ane coba kok chargernya ndak mau masuk ya ? terus kalau misalnya di charge pas kondisi laptop mati indikator baterai di laptop nya kedap – kedip gan. itu kenapa gan kira2 ? ada solusi gak ?

    Komentar oleh Albertus Gulang | Oktober 7, 2014 | Balas

  67. This is a good tip particularly to those new to the blogosphere.

    Short but very accurate info… Appreciate
    your sharing this one. A must read article!

    Komentar oleh agency management system | Desember 18, 2014 | Balas


Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 43 pengikut lainnya.

