Yunianto Tri Atmojo

Let\’s change for the better future!

Babad Tanah Jawa / Jawi

Babad Tanah Jawi yang ditulis oleh carik Braja atas perintah Sunan Paku Buwono III ini merupakan karya sastra sejarah dalam berbentuk tembang Jawa. Sebagai babad/babon/buku besar dengan pusat kerajaan jaman Mataram, buku ini tidak pernah lepas dalam setiap kajian mengenai hal hal yang terjadi di tanah Jawa. Akan tetapi siapapun yang kesengsem memahami Babad Tanah Jawi ini harus bekerja keras menafsirkan setiap data yang dituliskan. Maklum seperti babad lainnya ,selain bahasanya yang jawa kuno ,perihal mitosnya cukup banyak

Buku ini juga memuat silsilah raja-raja cikal bakal kerajaan Mataram, yang juga unik dalam buku ini sang penulis memberikan cantolan hingga nabi Adam dan nabi-nabi lainnya sebagai nenek moyang raja-raja Hindu di tanah Jawa hingga Mataram Islam.

Silsilah raja-raja Pajajaran yang lebih dulu juga mendapat tempat. Berikutnya Majapahit, Demak, terus berurutan hingga sampai kerajaan Pajang dan Mataram pada pertengahan abad ke-18.

Tidak dapat dipungkiri buku ini menjadi salah satu babon rekonstruksi sejarah pulau Jawa. Namun menyadari kentalnya campuran mitos dan pengkultusan, para ahli selalu menggunakannya dengan pendekatan kritis.

Banyak versi
Babad Tanah Jawi ini punya banyak versi.

Menurut ahli sejarah Hoesein Djajadiningrat, kalau mau disederhanakan, keragaman versi itu dapat dipilah menjadi dua kelompok. Pertama, babad yang ditulis oleh Carik Braja atas perintah Sunan Paku Buwono III. Tulisan Braja ini lah yang kemudian diedarkan untuk umum pada 1788. Sementara kelompok kedua adalah babad yang diterbitkan oleh P. Adilangu II dengan naskah tertua bertarikh 1722.

Perbedaan keduanya terletak pada penceritaan sejarah Jawa Kuno sebelum munculnya cikal bakal kerajaan Mataram. Kelompok pertama hanya menceritakan riwayat Mataram secara ringkas, berupa silsilah dilengkapi sedikit keterangan. Sementara kelompok kedua dilengkapi dengan kisah panjang lebar.

Babad Tanah Jawi telah menyedot perhatian banyak ahli sejarah. Antara lain ahli sejarah HJ de Graaf. Menurutnya apa yang tertulis di Babad Tanah Jawi dapat dipercaya, khususnya cerita tentang peristiwa tahun 1600 sampai jaman Kartasura di abad 18. Demikian juga dengan peristiwa sejak tahun 1580 yang mengulas tentang kerajaan Pajang. Namun, untuk cerita selepas era itu, de Graaf tidak berani menyebutnya sebagai data sejarah: terlalu sarat campuran mitologi, kosmologi, dan dongeng.

Selain Graaf, Meinsma berada di daftar peminat Babad Tanah Jawi. Bahkan pada 1874 ia menerbitkan versi prosa yang dikerjakan oleh Kertapraja. Meinsma mendasarkan karyanya pada babad yang ditulis Carik Braja. Karya Meinsma ini lah yang banyak beredar hingga kini.

About these ads

Oktober 2, 2006 - Posted by | Sejarah

59 Komentar »

  1. bagaimana bisa saya di malaysia mendapatkan terjemahan penuh versi asal babad tanah jawi ini maksud saya mungkin wakil jualan nya.

    Komentar oleh Ahmad Zaki Othman | Mei 12, 2007 | Balas

    • beli mas, jangan gratisss.. tisss… tisss. ngarti kagak loe…

      Komentar oleh mrongos | Mei 22, 2009 | Balas

    • tenang aja mas, situ kan tinggal di malaysia..
      bentar lagi BABAD TANAH JAWA bakalan di klaim punya Malaysia ko’.
      so, dont wory….
      MALAYSIA, DASAR MALING; BERAK DI CELANA!!!

      Komentar oleh hery | September 7, 2009 | Balas

      • Jangan sibuk-sibuk, saya punya aslinya buku: ” BABAD TANAH JAWA” karena asli maka jelas berbahasa Jawa. tapi agak ngoko, saya sudah menterjemahkan ke Indonesia. Agak sama seperti penjelasan diatas isinya mulai dari asal mula Sunan Giri dan wali songo lainnya sampai Jaman kasultanan Pajang terakhir. Awal awal dimulai dengan silsilah Nbi Adam kebawah, dan silsilah Jin/ Jim. Ditengah-tengahnya ada Pejajaran, Majapahit, Demak, Pajang termasuk kisah kegagahan Aryo Penangsang yang punya senjata ampuh: keris : SETAN KOBER. sehingga sang raja saat itu tidak berani dan mensayembarakan kepada siapa yang dapat mengalahkan akan diberi hadiah tanah Metaram yang akhirnya jadi Kasultanan Metaram hingga kini menjadi Ngayogyokarto Hadiningrat dan Surakarto Hadiningrat, Yang berminat hubungi saya di e’mail ini.Lha monggo. AK.Suryo.

        Komentar oleh AK.Soeryo P. | Juli 29, 2011

  2. Katanya punya mata tapi tidak bisa melihat. Katanya punya telinga tapi tidak bisa mendengar. katanya punya mulut tapi tidak bisa berbicara tentang kebenaran yang sebenar-benarnya. BENER LAN PENER LURUS KANTI LERES. Yang anda ceritakan itu Mataram baru atau Mataram lama? Kupas dulu dari pemerintahan Pakuwon….

    Komentar oleh Seno SN | Juli 28, 2007 | Balas

  3. dimana saya bisa baca babad tanah jawi ini?

    Komentar oleh Ance | Agustus 4, 2007 | Balas

  4. dimana saya dapat membaca babad tanah jawa. dan dimana saya bisa mendapatkan cetakan ulang buku – buku filsafat atau buku sejarah tanah jawa baik bertulis latin ataupun bertulis huruf hanacaraka

    Komentar oleh Mr. Ong | Agustus 25, 2007 | Balas

  5. pengennya buku babad tanah jawa bisa di terjemahin dan diperbanyak agar kami-kami orang jawa iso ngerti sejarah tanah leluhurnya

    Komentar oleh sukanto edy w | Agustus 29, 2007 | Balas

  6. Mana Ceritanya Aku perlu nihhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh

    Komentar oleh Rifal | September 9, 2007 | Balas

  7. Referensi buku judul n pengarang, suwun

    Komentar oleh bledhek | Oktober 21, 2007 | Balas

  8. Mas,tolong saya diberi tahu dimana saya bisa membeli buku babad tanah jawa yang lengkap(baik bahasa jawa maupun indonesia)?kira-kira berapa harganya?misalkan harganya sangat mahal,dimana saya bisa meminjam buku tersebut.oh ya,mas pernah tahu g’ apakah buku itu punya soft copy?
    Tolong dibalas ke email saya.Saya sudah sangat lama mencari buku ini.Tolong ya Mas!!!!!!!!!

    Komentar oleh Suwito | Desember 13, 2007 | Balas

  9. sebenarnya mana sih mas yang asli itu sejarah babat tanah jawa….kita harus ngikut versi yang mana.suwun

    Komentar oleh soony | Januari 5, 2008 | Balas

  10. dapatkah saya memperoleh cetakan atau kopiannya????

    makasih sebelumnya

    Komentar oleh Reggi | Januari 18, 2008 | Balas

  11. saya punya kopianya tapi cuma jilid yang ke 2 ada yang bisa bantu jilid yang pertama?

    Komentar oleh Pay-dey | Januari 26, 2008 | Balas

    • Om boleh dong saya dikirim kopiannya

      trims

      Komentar oleh ded | Oktober 28, 2009 | Balas

  12. ada bukunya asli tp masih dlm tahap restorasi kiy..
    ada kovernya koq..
    yang punya jilid 1 nya ya om…

    http://w13.easy-share.com/1698288281.html

    Komentar oleh pay dey | Januari 27, 2008 | Balas

  13. Mas, saya boleh minta kopiannya gak?
    kalo boleh tolong dikirim ke email saya,

    matur suwun

    Komentar oleh Mustain | Maret 14, 2008 | Balas

  14. salam knal,,,,pertama saya bangga jd orang jawa,,dan penuh pertanyaan dan hal2 di luar dugaan apa yang saya alami. pertama saya diceritain oleh ortu saya siapa sebenrnya nenek moyang kami,saya g bsa cerita panjang lebar mengenai ini krn ini masa lalu keluarga,,pertama sya ingin sekali dapat buku mengenai babad tanah jawi ini,,karena saya ingin tau silsilah dari metaram,,sebelumnya thx,,

    Komentar oleh andik | April 2, 2008 | Balas

  15. salam kenal… migunakaken bahasa dialek asal lan ngoko yo.. enyong gek ngluru babad pemalang, babad tegal karoan babad pagedongan.aksara jawa carik. panjenengan gadah napa mboten? enyong wis ngolek tekan solo tapi kok yo ora nemu2. nek ana tulung yo sedulur-sedulur kirim maring emaile enyong. po nduweni solusi liyane? maturnuwun.

    Komentar oleh witanti | Mei 5, 2008 | Balas

  16. saya butuh informasi pengarang dan dimana saya bisa membaca atau mendapatkan buku babat tanah jawa. trims

    Komentar oleh ineke | Juni 12, 2008 | Balas

  17. dimana saya bisa mendapatkan terjemahan babad tanah jawa versi aslinya? trimakasih

    Komentar oleh bima | Juli 10, 2008 | Balas

  18. mohon gabung saudara2 saya mencari buku yang berjudul bocah angon dan suling sakti,yaa dengan sangat terima kasihh salam
    kalau saudara2 bersedia membantu………..!!!!!!

    Komentar oleh dendi | Juli 22, 2008 | Balas

  19. Kalau sudah ada terjemahan Babad tanah jawa, mohon bisa bagi2 informasinya. Thanks

    Komentar oleh Yadi | September 2, 2008 | Balas

  20. Info2 tentang Babad tanah jawa boleh kita email-an ke cikyadib@gmail.com

    Komentar oleh Yadi | September 2, 2008 | Balas

  21. babat tanah jawi yang notabene adalah karya sastra tidak bisa dijadikan ukuran sejarah karena telaah satra diperlukan sebuah ketelitian kajian yang mendalam walaupun di dalamnya sarat dengan runtutan sejarah namun sebagian besar ada misi dari si pembuat karya dengan memasukkan unsur-unsur yang lain dalam istilah jawa yaitu sanepan berupa simbol-simbol berlapis, wah serius banget ya … salam kenal

    Komentar oleh wisanggeni | September 8, 2008 | Balas

  22. Mohon bantuanya dikirim saduran babat tanah djawi versi indonesia, berhubung saya bukan asli jawa, tetapi mencintai budaya jawa.Thanks sebelumnya.

    Komentar oleh denny | Oktober 18, 2008 | Balas

  23. babad itu berbentuk syair apa seperti kisah sejarah gitu mas?

    Komentar oleh nikitalover | Oktober 23, 2008 | Balas

  24. Mas tolong dong dikirimkan salinan babad tanah jawa yg lengkap ya,ke hls_bx@yahoo.com. Soalnya saya rangat tertarik. Trimakasih atas kemurahan hatinya.

    Komentar oleh Holis | Oktober 26, 2008 | Balas

  25. hay. . . mhn bantuan’na dunk!!!!
    tlong kirimkan babad tanah jawi desa seketi kec.ngadiluwih kab kediri.
    ada kagak zeee. .
    ne Q dapat tgs dr scl.
    secepatnya dikrimin ya

    Komentar oleh dinda | November 4, 2008 | Balas

  26. salam…mau jg dunk babad tanah jawa. kirim ke afejkt@gmail.com makasih smw :)

    Komentar oleh nisha | November 19, 2008 | Balas

  27. Babad Tanah Jawi memang tidak bisa dianggap ilmiah, sebab ilmiah itu sendiri adalah metode yang baru ditemukan setelah kelahiran Yesus, sementara isi babad itu berupa simbol2 yang bersifat multi tafsir. Tapi kita juga tak bisa main vonis bahwa cerita babad hanya mitos yang tidak bisa dipercaya. Bagaimanapun saya bangga menjadi orang Jawa, mari kita lestarikan budaya leluhur..!!

    Komentar oleh wisnu | November 26, 2008 | Balas

  28. saya sangat bersyukur sekaligus bangga bahwa ternyata…masih banyak para pemuda-pemudi yang masih perduli akan kebudayaan.tetap teruskan karyamu…

    Komentar oleh denta | Desember 22, 2008 | Balas

  29. aku juga mau dong kalo ada salinannya di email yaaaa
    kalo ke URL nya ribet musti regster2 dulu hi..hi..
    pls ya kalo ada yg punya bermurah hati share ke zara
    Matur nuwun

    Komentar oleh zara zettira zr | Januari 6, 2009 | Balas

  30. Aku udah baca bukunya, dong..

    Ehm. Babad tanah Jawa, ada juga babad majapahit. MAsih ada sih di toko buku-toko buku besar. Warna bukunya item. Keren. Seharusnya kita bisa berbangga hati dong punya yang unik seperti itu. gak kalah dengan sejarah daera-daerah di dunia yang lain. Cukup, gak,.. masih banyak sekali yang belum aku tau tentang jawa. BAca babad tanah jawa justru bikin semakin ‘pengen tau’ Jawa itu seperti apa. Hah, dan sampai sekarang, masih belum paham.. ck. menyedihkan.

    Komentar oleh hitamnyamalam | Januari 17, 2009 | Balas

  31. Oh iya. Kalau setau aku, babad tanah jawa-ku itu terjemahan dari Belanda. keren juga tuh, baca versi jawa. Mungkin bisa diusahakan kalau kita punya koneksi anak ‘sastra jawa’, ya kan.

    Komentar oleh hitamnyamalam | Januari 17, 2009 | Balas

  32. boleh tau , kalo mau nyari buku ini dimana ya ??
    Urgent bgt soalnya..Thanks

    Komentar oleh Ayu | Januari 18, 2009 | Balas

  33. kalo mau dapetin buku ini dimana ya ??
    Thanks

    Komentar oleh Ayu | Januari 18, 2009 | Balas

  34. omong2… yang berkomentar kira2 orang jawa bukan ya ….hi…hi…

    Komentar oleh bagaskara | Februari 13, 2009 | Balas

  35. ada ga situs yang berisi buku babad tanah jawi yang bisa didownload dari internet?
    saya tertarik sekali dengan buku ini, tapi ga bisa dapetin lagi di toko2 buku di daerah tempat saya tinggal.
    mohoooooonn bantuannyaaaa…
    terima kasih, terima kasih

    Komentar oleh audra | Februari 28, 2009 | Balas

  36. mohon bantuannya untuk bisa mendapatkan kopian dari buku tersebut. trims

    Komentar oleh supriyadi marsaid | April 3, 2009 | Balas

  37. bagaimana caranya untuk bisa mendapatkan buku babat tanah jawa. trima kasih

    Komentar oleh miskan | April 12, 2009 | Balas

  38. di toko buku mana yang bisa saya temui terima kasih,

    Komentar oleh dwi | April 16, 2009 | Balas

  39. Saya juga sedang mencari buku ini tapi belum menemukan,… minta bantuan informasi lengkap (penulis,penerbit,tahun terbit and judulnya) thank you.

    Komentar oleh bayusejatiindonesia | Mei 26, 2009 | Balas

    • saya pernah beli buku ”babad tanah jawa” dulu dan itu juga ada satu2nya tapi sayang ilang entah dimana, tapi mungkin anda bisa mengunjungi gramedia..soalnya dulu saya sering beli buku2 di gramedia…waktu itu saya beli di gramedia grogol. memang isinya bagus menceritakan perjalanan sultan yang mengalahkan lawanya tidak dengan perang darah melainkan sultan(yang meskipun raja mataram saat itu) yang turun tangan sendiri tanpa bantuan dari kerabat kerajaan.dengan akal yang sangat hebat..dan masuk akal..dan masih banyak lagi tentang perjalanan sultan yg bertemu dgn sunan (wali)….dibuku itu ada dua bahasa jawa dan indonesia(nasional).mungkin hanya itu info yg bs saya berikan untuk anda semua..dan mohon untuk penulis web. ini jangan setengah2 kl mau kasih info tanah jawa..kumpulkan data dulu baru infokan..semoga sukses

      Komentar oleh rizky a | Mei 26, 2010 | Balas

  40. Ada dijual disini OM.. tapi bahasa indonesia

    http://www.bukabuku.com/browse/bookdetail/29729/babad-tanah-jawi-mulai-dari-nabi-adam-sampai-tahun-1647.html

    Komentar oleh Manato | Juni 23, 2009 | Balas

  41. tolong kirim alamat penerbit buku: negarakertagama dan babat tanah jawi ke emile : aridiansyaputra@yahoo.co.id. trimakasih.

    Komentar oleh gerrard | Juli 30, 2009 | Balas

  42. tlong bantuin aq ngerjain tugas dari guru b.jawa
    .menceritakan babad tanah jawa
    MAKASI.

    Komentar oleh dwi | November 4, 2009 | Balas

  43. kok gt doank………….

    Komentar oleh nieniesh | November 10, 2009 | Balas

  44. Wong jawa banyak yang pinter/cerdas,yg kaya banyak,yg fanatik banyak,yg dermawan banyak, yg mampu hati dan duitnya juga banyak,yg punya kemampuan dan berkuasa sangat banyak, moso sih salah satu dari kita tidak dapat menjelaskan babat tanah djawa dng sejelas nya kepada kusus nya anak cucu kita turunan jawa.( lewat internet/buku dng bhs Indonesi). .

    Komentar oleh Santo Warok | Januari 3, 2010 | Balas

  45. Dimana saya bisa membaca buku ini secara online atau yang bisa di download pdfnya. terima kasih.

    Berikut ini yang menjadi pertanyaan sejak lama. Saya pernah dengar kalau :
    1. Cerita/kisah pewayangan(mahabharata, ramayana, dll) sebenarnya adalah peristiwa kerajaan-kerajaan jawa jaman dahulu sekali jauh sebelum majapahit terlahir.

    2. Munkin orang asli jawa adalah salah satu pengikut nabi nuh yang mencari tempat hidup setelah nabi nuh melabuhkan bahteranya.

    Benarkah itu ? Mohon jawabannya juga dilampirkan ke-email saya. terima kasih atas bantuannya.

    Komentar oleh Machrus | Februari 26, 2010 | Balas

  46. mas babad tanah jawa itu ditulis dalam bahasa apa? jawa apa indonesia, terus kalau ad yang bahasa indonesia bisa gak di donlod, kalau bisa di donlod kasih alamatnya ya mas trims.

    Komentar oleh anang m usman | Mei 17, 2010 | Balas

  47. tolong kasih tau donk gimana caranya ngedapatin buku babad tanah jawa dalam bahasa Indonesia?
    tlng balas ke e-mail…

    d301awan@yahoo.com

    Komentar oleh dedi sulistiawan | Mei 24, 2010 | Balas

  48. saya pernah beli buku ”babad tanah jawa” dulu dan itu juga ada satu2nya tapi sayang ilang entah dimana, tapi mungkin anda bisa mengunjungi gramedia..soalnya dulu saya sering beli buku2 di gramedia…waktu itu saya beli di gramedia grogol. memang isinya bagus menceritakan perjalanan sultan yang mengalahkan lawanya tidak dengan perang darah melainkan sultan(yang meskipun raja mataram saat itu) yang turun tangan sendiri tanpa bantuan dari kerabat kerajaan.dengan akal yang sangat hebat..dan masuk akal..dan masih banyak lagi tentang perjalanan sultan yg bertemu dgn sunan (wali)….dibuku itu ada dua bahasa jawa dan indonesia(nasional).mungkin hanya itu info yg bs saya berikan untuk anda semua..dan mohon untuk penulis web. ini jangan setengah2 kl mau kasih info tanah jawa..kumpulkan data dulu baru infokan..semoga sukses

    Komentar oleh rizky a | Mei 26, 2010 | Balas

  49. nukunya bgus syarat akan pengetahuan siip dech..

    Komentar oleh syamsuddin | Juni 7, 2010 | Balas

  50. Terima kasih ceritanya tentang “Babad Tanah Jawa / Jawi”. Silahkan kunjungi blog saya mas di http://hingok.files.wordpress.com/2010/06/rahasia-terbesar-bani-jawi.pdf yang bercerita tentang rahasia terbesar bani jawi (Bangsa Melayu/Nusantara).

    Komentar oleh The Promised Land | Juli 1, 2010 | Balas

  51. ada kagak cerita babad tanah mataram,,kl ada tolong dunk saya dikirimi ke emil saya(yang ceritanya ada UMBARAN,MONDOROKO,LEMBAYUNG dll)
    terima kasiih

    Komentar oleh Eko | September 27, 2010 | Balas

  52. mas saya sangat kagum,terharu bangga degan kaweruh asal usul tanah jawa, dan ternyata juga banyak yang gemar smoga pelejaran ini tetap di uri-uri nan abadi.tax

    Komentar oleh choiri | Februari 18, 2011 | Balas

  53. Sebelum baca Babad Tanah Jawa…baca dulu buku Pararaton……

    Komentar oleh Eyang Parto | September 12, 2012 | Balas

  54. buku ini tidak didukung fakta sejarah banyak cerita rekaan mirip wiro sableng.banyak bertentangan dg sumber antara lain negara kertagama,pararaton,prasasti2 .mengaburkan sejarah sebenarnya,buku pesanan pakubuwono lll yg pro belanda

    Komentar oleh Joyo Brandal Luko Joyo | Desember 23, 2012 | Balas


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 42 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: